Skripsi
Analisis Penampilan Petugas Front Office Dalam Pelayanan Pada Kantor Asrama Pusdiklat Aparatur Kementerian Kesehatan RI
Telah dilakukan penelitian mengenai Analisis Penampilan Petugas Front Office Dalam Pelayanan Pada Kantor Asrama Pusdiklat Aparatur Kemenkes RI. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui informasi lebih lengkap tentang Penampilan Petugas Front Office dalam Pelayanan Pada Kantor Asrama Pusdiklat Aparatur Kemenkes RI. Penelitian ini dilakukan di Kantor Asrama Pusdiklat Aparatur Kementerian Kesehatan RI Jl. Hang Jebat Raya Blok F3 Jakarta Selatan. Pengambilan data dilakukan melalui kajian pustaka, wawancara dan kuesioner. Jumlah key informant yang diwawancarai adalah enam orang yang terdiri dari satu orang pimpinan di unit Tata Usaha, satu orang pengawas dilapangan dan empat orang key informant adalah objek dari penelitian ini yaitu petugas front office. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa Penampilan Petugas Front Office di Asrama Pusdiklat Aparatur dalam Pelayanan nya bisa dikatakan belum optimal, bila ditinjau dari lima aspek yang menjadi fokus penelitian. Kesimpulan dapat dirinci sebagai berikut : vii 1. Penampilan Petugas Front Office dari aspek Kebersihan dan Kerapihan Diri termasuk dalam kategori netral atau sedang. 2. Pelayanan Petugas Front Office dari aspek Sikap Ramah juga termasuk dalam kategori netral atau sedang. 3. Pelayanan Petugas Front Office dari aspek Mengucapkan Salam masih kurang memuaskan. 4. Pelayanan Petugas Front Office dari aspek Sopan Berbicara juga masih kurang memuaskan 5..Pelayanan Petugas Front Office dari aspek Menyambut Tamu sudah cukup baik Untuk itu penulis menyarankan : 1. Seragam khusus untuk Petugas Front Office sebagai identitas resmi agar mudah dikenali oleh tamu. 2. Menambah jumlah petugas agar ada dua orang petugas jaga setiap jadwal piketnya, dengan maksud agar saat tamu datang satu petugas tetap siap dilokasi kerja, petugas lain bisa mengantar tamu ke kamarnya. 3..Perlu dibuatkan Standard Operasional Prosedur (SOP) agar ada kesamaan sikap dan bentuk pelayanan. 4. Diharapkan organisasi memberikan Pelatihan Manajemen Wisma untuk Petugas Front Office agar bisa mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas pelayanan baik secara Penampilan Fisik maupun secara etika.
Tidak tersedia versi lain