Tesis
Efektivitas Pelaksanaan Pembangunan Pendidikan Dasar Di Kota Tangerang Tahun 2011: (Studi Sekolah Dasar Negeri)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh anggaran, sarana dan tenaga pendidik terhadap efektivitas pelaksanaan pembangunan pendidikan dasar khususnya pada sekolah dasar negeri di Kota Tangerang pada tahun 2011. Dengan keterbatasan yang ada maka batasan substansial penelitian ini hanya berkaitan dengan efektivitas pelaksanaan pendidikan dasar pada sekolah dasar negeri yang diukur berdasarkan pencapaian angka putus sekolah dan angka mengulang serta faktor yang mempengaruhinya yaitu anggaran pendidikan, sarana prasarana kependidikan dan tenaga pendidik. Ruang lingkup wilayah penelitian difokuskan pada sekolah dasar negeri yang tersebar pada 13 kecamatan di Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan pengujian asumsi klasik, serta analisis statistik yaitu analisis regresi linier sederhana dan berganda. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel efektivitas pembangunan pendidikan dasar pada sekolah dasar negeri di Kota Tangerang sebagai variabel terikatserta variabel anggaran, sarana dan tenaga pendidik sebagai variabel bebas. Metode penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 40 sekolah dasar negeri di Kota Tangerang. Dari hasil penelitian berdasarkan indikator angka mengulang dan angka putus sekolah maka pelaksanaan pembangunan pendidikan dasar pada sekolah dasar negeri di Kota Tangerang tahun 2011 berjalan efektif, hal ini terlihat dari pencapaian angka mengulang sebesar 1,23% atau turun jika dibandingkan dengan tahun 2010 (1,35%) dan pencapaian angka putus sekolah sebesar 0,02% atau lebih rendah dibandingkan tahun 2010 (0,03%). Berdasarkan hasil analisis regresi secara parsial variabel anggaran, sarana dan tenaga pendidik berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pembangunan pendidikan dasar. Demikian pula berdasarkan analisis regresi secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pembangunan pendidikan dasar.
Tidak tersedia versi lain