Skripsi
Kepuasan Kerja Pegawai Sekretariat Utama Pada Badan Standardisasi Nasional
Dalam manajemen sumber daya manusia, setiap pegawai berperan aktif dalam memberikan kontribusi terhadap pencapaian tujuan organisasi. Peningkatan positif yang diberikan organisasi, berdampak pada keadaan pegawai sehingga kepuasan kerja tercapai. Hal ini sejalan dengan pandangan bahwa pegawai telah mendapatkan yang diharapkan. Sebaliknya pegawai yang dalam bekerja tidak merasakan kenyamanan, kurang dihargai dan tidak bisa mengembangkan segala potensi yang mereka miliki, maka secara otomatis pegawai tidak dapat fokus dan berkonsentrasi secara penuh terhadap pekerjaan yang dilakukan. Pengalaman selama ini menunjukan, bahwa kepuasan kerja pegawai dapat menurunkan motivasi pegawai atau bahkan pegawai yang potensial keluar dari organisasi. Karena itu kepuasan kerja perlu mendapat perhatian yang serius dari manajemen sumber daya manusia. Penelitian ini dilakukan di Sekretariat Utama Badan Standardisasi Nasional (BSN). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa kepuasan kerja pegawai di Sekretariat Utama BSN. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Aspek yang diteliti adalah: tantangan pekerjaan, imbalan yang diterima, kondisi pekerjaan, interaksi dengan rekan kerja dan kesesuaian pekerjaan. Berdasarkan Analisa hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa pegawai Sekretariat Utama BSN secara umum sudah cukup puas dengan ix pekerjaan yang ada. Untuk lebih meningkatkan kepuasan kerja pegawai Sekretariat Utama BSN, maka penulis mengusulkan sebagai berikut: 1. Aspek Tantangan Pekerjaan: perlu diberikan kepercayaan kepada pegawai melalui penugaan-penugasan di pusat lain yang belum pernah mereka laksanakan. 2. Aspek Imbalan Yang Diterima: pimpinan di Sekretariat Utama agar memberikan pengakuan dan penghargaan kepada pegawai yang mempunyai prestasi baik di dalam BSN sendiri maupun di luar BSN. 3. Aspek Kondisi Pekerjaan: pimpinan di Sekretariat Utama BSN perlu mendengarkan keluhan pegawai melalui forum khusus atau melalui surat dari pegawai langsung kepada pihak pimpinan, sehingga organisasi mengerti keinginan-keinginan apa yang membuat pegawai merasa puas sehingga dapat meningkatkan kinerjanya. 4. Aspek Interaksi Dengan Rekan Kerja: pimpinan di Sekretariat Utama BSN agar menerapkan strategi internal yang berorientasi pada kepuasan pegawai untuk menciptakan motivasi yang tinggi bagi pegawai. Organisasi bisa menyelenggarakan event khusus pegawai seperti family gathering dan sejenisnya. 5. Aspek Kesesuaian Pekerjaan: organisasi agar memberikan program pertukaran staf kepada pegawainya, selain untuk pengembangan karir juga sebagai promosi serta peningkatan kinerja bagi pegawai itu sendiri.
Tidak tersedia versi lain