Tesis
Implementasi Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) Dalam Peningkatan Inovasi Pelayanan Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta
Manajemen Pengetahuan memiliki peran penting untuk meningkatkan kinerja
organisasi yang merupakan tujuan reformasi birokrasi. Manajemen pengetahuan
akan meningkatkan efektivitas organisasi karena dapat mendorong penggunaan
kembali kualitas pengetahuan dalam proses pengambilan keputusan. Selain itu,
manajemen pengetahuan juga dapat berfungsi dalam proses perubahan atau
transformasi karena manajemen pengetahuan dapat membantu pembentukan
budaya pembelajaran dalam suatu organisasi. Faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi inovasi adalah komitmen, kepemimpinan dan integritas. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi knowledge
management terhadap peningkatan inovasi layanan di DPMPTSP DKI Jakarta
melalui tiga komponen, yaitu : manusia, proses dan teknologi. Dalam rangka
peningkatan pelayanan, DPMPTSP telah melakukan berbagai inovasi diantaranya
deregulasi dan penyederhanaan peraturan, pelayanan online, AJIB dan
sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta secara
umum belum menetapkan knowledge management dalam strategi organisasinya
sehingga proses review tentang implementasi knowledge management secara
kualitatif belum dapat dilakukan. Saran yang diberikan penulis adalah
menjalankan program coaching dan mentoring, pelaksanaan rapat internal dan
transboundary yang terkoordinasi serta pengintegrasian pelayanan online dalam
pengurusan perizinan/non perizinan.
Tidak tersedia versi lain