Tesis
Kompentensi Pembimbing Kemasyarakat Pada Pemasyarakatan Kelas 1 Jakarta Timur-utara
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti kompetensi Pembimbing Kemasayarakatan (PK) pada Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta Timur-Utara. Fokus penelitian ini adalah kompetensi Pembimbing Kemasayarakatan pada Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta Timur-Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi Pembimbing Kemasayarakatan pada Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta Timur Utara dilihat dari aspek pengetahuan, keterampilan, motivasi dan sikap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan Kepala Bapas, Plt Kepala Seksi Bimbingan Klien Anak, Plt Kepala Seksi Bimbingan Klien Dewasa, Pembimbing Kemasyarakatan dan klien Pemasyarakatan. Data yang terkumpul melalui alat rekam ditranskip dan dimasukan ke dalam matriks lalu diolah serta dianalisis datanya lalu disandingkan dengan prinsip triangulasi. Hasil penelitian mengenai kompetensi Pembimbing Kemasayarakatan pada Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta TimurUtara dilihat dari aspek pengetahuan secara umum baik berdasarkan kesesuaian latar belakang pendidikan. Sedangkan untuk aspek keterampilan, kompetensi Pembimbing Kemasyarakatan belum optimal karena masih ada kekurangan di dalam cara PK menuangkan hasil penelitiannya kedalam laporan. Untuk kompetensi Pembimbing Kemasyarakatan jika dilihat dari aspek motivasi adalah lebih baik dibandingkan sebelumnya karena jabatan PK saat ini adalah jabatan fungsional tertentu. Dan kompetensi PK dilihat dari aspek sikap sudah baik, walaupun masih ada kekurangan dalam kedisiplinan PK untuk menyelesaikan tugasnya dengan tepat waktu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kompetensi Pembimbing Kemasyarakatan pada Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta Timur Utara belum optimal dan perlu beberapa perbaikan yang dilakukan oleh instansi, pimpinan juga Pembimbing Kemasyarakatan itu sendiri dari sisi pelatihan, keterampilan manajemen waktu serta dukungan reward dan punishment untuk mendorong PK lebih disiplin.
Tidak tersedia versi lain