Skripsi
Evaluasi Penerapan Aplikasi Naskah Dinas Elektronik (NADINE) Bagi Peningkatan Produktivitas Kerja Pegawai Di Biro Umum, Sekretariat Jenderal Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN&RB) mengeluarkan aturan penyesuaian sistem jam kerja bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia hingga saat ini. Perubahan metode kerja dari konvensional ke papperless/digital government karena ada tuntutan pandemi. Karena adanya perkembangan kebutuhan peningkatan pelayanan publik sebagai pengembangan digital government dalam peningkatan produktivitas kerja dan pelayanan publik yang lebih optimal. Salah satu aplikasi digital atau elektronik dalam hal persuratan yang digunakan dan dioptimalkan oleh Kementerian ESDM ini adalah Naskah Dinas Elektronik (yang disingkat dengan NADINE). Metode penelitian yang digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan data primer melalui wawancara dan data sekunder melalui observasi dan telaah dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi NADINE di Biro Umum, Sekretariat Jenderal, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sangat efektif dan efisien untuk menunjang keberhasilan organisasi dalam mewujudkan implementasi e-government karena dapat meningkatkan kualitas kerja, kuantitas kerja dan ketepatan waktu bagi pegawai untuk mewujudkan pelayanan prima dalam pelayanan publik baik internal maupun eksternal.
Tidak tersedia versi lain