Tesis
Penilaian Kinerja Aparatur Sipil Negara Biro Umum Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penilaian kinerja di lingkungan Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dilakukan. Merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh dengan melakukan wawancara terhadap narasumber (key informant) yang mengalami langsung proses menilai dan dinilai di Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Terdiri dari Kepala Biro, Kepala Bagian, Kepala seksi dan beberapa pegawai. Proses penilaian dianalisis menggunakan 3 aspek yang menyangkut penilaian yaitu pendefinisian pekerjaan, proses mengukur dan umpan balik. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa aspek pendefinisian pekerjaan telah dilakukan disini, untuk memprogramkan apa yang harus dikerjakan pegawai dalam 1 tahun. Proses menilai dilakukan sesuai dengan undang-undang ASN dengan berbagai aspek yang ada di dalamnya termasuk adanya conflict of interest yang muncul pada saat performance dialogue dilakukan. Temuan penelitian menunjukkan masih terdapat beberapa unsur subjektivitas dalam proses penilaian. Sedangkan aspek feedback digambarkan sebagai reward / punishment yang harus diterima pegawai atas hasil penilaian. Feedback diberikan dalam bentuk pertimbangan untuk promosi, pengembangan keahlian ataupun pemotongan tunjangan kinerja.
Tidak tersedia versi lain