Public Relation secara garis besar ialah strategi perusahaan untuk membangun relasi baik dengan publik supaya dapat mendapatkan opini yang positif dari kalangan masyarakat di sekitarnya. Public relation memainkan peran kunci dalam membentuk dan mengelola persepsi harga di pasar. Dengan strategi komunikasi yang tepat, public relation dapat membantu perusahaan meningkatkan kesadaran harga yang po…
Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menggambarkan proses pengelolaan laporan keuangan pada Sekretariat Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri TA. 2014 dan mengevaluasi berdasarkan Peraturan Dirjen Perbendaharaan No.PER-57/PB/2013. Jenis penelitian menggunakan metode studi kasus dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan telaah dokumen. Hasil …
Para investor akan selalu mencari bentuk dan jenis investasi yang paling menguntungkan atau setidaknya investasi yang memiliki resiko paling rendah. Oleh karena itu perusahaan harus mampu memaksimalkan nilai perusahaannya agar dapat menarik banyak investor. Tercapai atau tidaknya hal ini dapat dilihat dan diukur dari harga saham dari waktu ke waktu. Harga saham itu sendiri menjadi salah satu in…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi prinsip Good Corporate Governance pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk yang berpedoman pada Peraturan Bank Indonesia Nomor 8/4/PBI/2006 Tahun 2006. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan telaah dokumen Sebagai tekn…
Sejak tahun 2007, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) telah menetapkan penggunaan balanced scorecard (BSC) dalam pengukuran kinerja dengan tujuan agar kinerja menjadi terukur dan terarah. Hingga pada tahun 2011 pembangunan BSC telah sampai pada level Pelaksana. Setelah proses pembangunan BSC selesai sampai level individu, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan ialah mereviu kualita…
Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementrian dengan fokus kegiatan menyediakan data dan informasi statistik yang berkualitas, selama ini BPS dirasakan belum melakukan pengukuran kinerja yang efektif dan efisien sejalan dengan visi dan misi BPS. Untuk itu penulis terinspirasi melakukan penelitian dengan tujuan mencoba membangun rancangan scorecard sebagai bagian dari b…
SIMPEG Kementerian Keuangan yang telah dikembangkan, diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah yang ditemukan pada SIMPEG sebelumnya. Namun pada kenyataannya SIMPEG Kementerian Keuangan masih menghasilkan informasi yang kurang akurat, selain itu terdapat modul aplikasi SIMPEG yang belum dimanfaatkan sebagaimana hasil temuan Inspektorat Jenderal tahun 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menget…
Sesuai dengan Peraturan Presiden No.81 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010 – 2025, seluruh organisasi pemerintah harus melaksanakan Reformasi Birokrasi agar mampu memberikan pelayanan publik yang optimal kepada masyarakat. BATAN merupakan salah satu organisasi pemerintah di bidang ketenaganukliran yang selama ini pengukuran kinerjanya dilaporkan dalam bentuk LAKIP. Usaha dalam pelak…
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana Implementasi Manajemen Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Pusat Teritorial Angkatan Darat, dengan menggunakan aspek : pertama Aspek Perencanaan Kinerja, kedua Aspek Pelaksanaan Kinerja, ketiga Peninjauan Kinerja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penulis memperoleh data di lapangan menggunakan w…