Core values ASN BerAKHLAK merupakan prinsip-prinsip fundamental yang menjadi landasan untuk memperkuat budaya kerja di instansi pemerintah, untuk mendukung keberhasilan kinerja individu serta pencapaian tujuan organisasi. BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengar…
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana penyusunan uraian jabatan dapat meningkatkan efektivitas kerja karyawan di perusahaan PT Duta Global Baswara. Penyusunan uraian jabatan yang jelas dan terstruktur menjadi salah satu faktor penting dalam memaksimalkan kinerja karyawan, karena memberikan pedoman yang jelas mengenai tugas dan tanggung jawab mereka. Penelitian ini menggunakan metode…
Organisasi Kesehatan Dunia/WHO (2022) menjelaskan bahwa burnout sebagai suatu sindrom yang ditandai oleh 3 (tiga) dimensi utama yaitu: kelelahan emosional, perasaan negatif atau sinis terkait pekerjaan, dan penurunan efikasi profesional. penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kelelahan kronis atau burnout terhadap fenomena produktivitas kerja (quiet quitting) pada pegawai Biro…
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh work life balance terhadap kepuasan kerja karyawan kantor pusat PT XYZ. Teknik analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana dan teknik pengambilan sampelnya adalah sampel probabilitas dengan menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 157 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi atau pengamatan dan…
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bekasi telah merancang dan mengengembangkan aplikasi Sistem Informasi Aparatur (SIAP) untuk mengelola administrasi, data dan informasi terkait pegawai. Sistem ini dirancang guna meningkatkan kualitas layanan kepegawaian dan mencapai kepuasan pegawai dengan memberikan pelayanan yang cepat, efektif, efisien, akurat, dan transpar…
Pengembangan SDM dilakukan pada dasarnya untuk menumbuhkan, mengasah, mengembangkan, dan/atau meningkatkan kompetensi seorang pegawai. Dalam rangka memberikan kesejahteraan terhadap tenaga kerja pada setiap sektor, Pemerintah mengatur segala aspek dalam Manajemen SDM melalui diterbitkannya Undang-Undang 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. PT Patra Jasa sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara…
Secara geografis, Indonesia merupakan negara rawan bencana. Data menunjukkan bahwa masih banyaknya dampak bencana alam yang mengalami peningkatan. Penyelenggaraan pelatihan sebagai bagian dari penyelenggaraan penanggulangan bencana diakomodasi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020–2024 dan strategi HCDP (Human Capital Development Plan) dalam meningkatkan kapasitas ap…
Skripsi ini membahas mengenai pemanfaatan hasil penilaian kompetensi melalui metode pusat penilaian (assessment center) dalam pembinaan pegawai di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia. Salah satu metode penilaian yang dilakukan adalah assessment center. Penilaian terpusat (assessment center) digunakan untuk mengetahui kesenjangan kompetensi pegawai berdasarkan keterampilan, pengetahuan …