Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen generasi z dalam pembelian tiket perjalanan MRT Jakarta melalui aplikasi MRT. Latar belakang masalah kemacetan di Jakarta mendorong peningkatan penggunaan transportasi publik, termasuk MRT yang terus berupaya mengakomodasi kebiasaan gen z dalam menggunakan media digital. Melalui wawancara mendalam, penelitian ini mengidentifikasi pem…
Persaingan bisnis antara pasar modern seperti minimarket dengan UMKM warung kelontong menjadi topik yang semakin relevan di Indonesia. Warung kelontong, sebagai salah satu bentuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), menghadapi tantangan besar dalam berkompetisi dengan minimarket yang dikelola oleh jaringan ritel modern pemodal besar. Minimarket seperti Indomaret, Alfamart, dan lainnya menaw…
Masyarakat Indonesia saat ini telah dimanjakan dengan melakukan segala aktifitas tidak terlepas dengan penggunaan teknologi seperti (handphone, tablet, laptop, dan perangkat elektronik lain nya). Hal tersebut disambut oleh pelaku bisnis untuk memanfaatkan dalam menciptakan bisnis baru di tengah kompetitor yang sudah ada selama ini, dengan menciptakan inovasi layanan digital. Oleh karena itu PT …
Konsumen adalah entitas yang mudah berubah. Keinginan mereka tak selalu lurus, kadang berbelok dengan amat cepat. Untuk itu diperlukanlah suatu studi tentang perilaku konsumen agar segala gerak mereka mudah diantisipasi. Dalam buku ini, pemasar akan dapat mempelajari keinginan, persepsi, preferensi dan perilaku konsumen serta menyiapkan kebijakan seperti produk berciri tertentu, harga, saluran …