Tesis
Analisis Kualitas Pelayanan Izin Perikanan Tangkap Di Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Utara
Pembentukan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta sebagai upaya perbaikan sistem pelayanan publik khususnya dalam bidang perizinan berdasarkan Undang-Undang nomor 25 tahun 2009 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 24 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta terakhir dengan keluarnya Peraturan Presiden nomor 97 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta dibentuk sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 12 tahun 2013 tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta. Izin Perikanan Tangkap yang menjadi kewenangan daerah adalah untuk kapal-kapal perikanan dengan ukuran maksimal 30 Gross Tonnage. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam hal ini DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta melayani 4 jenis izin perikanan tangkap, yaitu: (1) Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) (2) Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) (3) Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan (SIKPI) (4) Bukti Pencatatan Kapal Perikanan (BPKP). Analisis Kualitas Pelayanan Izin Perikanan tangkap di Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Utara dilihat dari 5 dimensi kualiatas yaitu (1) Realibility (2) Responsiveness (3) Assurance (4) Empathy (5) Tangibility. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, obeservasi lapangan dan telaah dokumen. Secara keseluruhan penyelenggaraan sudah dapat dikatakan berkualitas namun ada beberapa hal yang perlu dilakukan perbaikan agar dapat meningkatkan pelayanan seperti (1) evaluasi berkala Kepala UP PTSP Kota Administrasi Jakarta Utara dan koordinasi dengan seluruh stake holder terkait (2) menghilangkan dualisme pelayanana perizinan perikanan tangkap (3) memperbaiki, meningkatkan sarana dan prasarana yang sudah ada. Salah satunya adalah: Penataan ulang layout Front Office.
Tidak tersedia versi lain