Tesis
Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Pada Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2015
Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah belum pernah melakukan evaluasi terhadap pegawai yang telah mengikuti Diklatpim. Evaluasi diklat hanya dalam bentuk output berupa sertifikat dan dilakukan sesaat setelah pegawai selesai mengikuti diklat, tetapi tidak setelah pegawai kembali melaksanakan tugas. Outcome dari diklat yaitu perubahan-perubahan yang terjadi pada pengetahuan, sikap dan perilaku pegawai yang telah mengikuti diklat belum sepenuhnya termonitor dan terevaluasi dengan baik. Hasil inovasi dalam Diklatpim berupa proyek perubahan banyak yang belum diimplementasikan sampai dengan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi program pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV pada Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap 5 orang key informan dan studi dokumentasi terhadap hasil pre test dan post test serta hasil ujian Diklatpim Tingkat IV Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Aspek Reaksi, fasilitas belum sesuai karena masih ada kekurangan seperti halnya ruang asrama peserta masih berbentuk barak, tempat tidur model tingkat, meja dan kursi untuk peserta belajar dikamar belum tersedia. Fasilitas lainnya yang belum tersedia yaitu ruang perpustakaan, ruang ibadah, ruang kesehatan dan ruang olah raga. Sedangkan untuk widyaiswara masih dianggap kurang karena masih ada widyaiswara yang tidak menguasai materi, untuk kurikulum sudah sesuai berdasarkan peraturan yang ada. 2. Aspek Pembelajaran, tingkat pemahaman peserta sudah cukup baik namun dalam penerapannya belum sesuai dengan apa yang diharapkan, dikarenakan adanya beberapa kendala yaitu belum tersedianya anggaran untuk untuk melaksanakan proyek perubahan tersebut dan kurangnya komitmen serta dukungan baik dari atasan maupun dari semua pihak. 3. Aspek Perilaku, perilaku peserta menunjukkan adanya perubahan menjadi lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam pekerjaannya. Hal itu sesuai dengan yang diharapkan oleh pimpinan maupun organisasi. 4. Aspek Hasil, hasil yang didapat pada pelaksanaan Diklatpim Tingkat IV sudah cukup baik yaitu berupa penambahan ilmu dan wawasan serta perubahan perilaku peserta ke arah yang lebih baik. Selain itu mereka juga telah menghasilkan berbagai macam inovasi yakni dalam hal ini berupa proyek perubahan, namun proyek perubahan tersebut belum maksimal dikarenakan banyaknya proyek perubahan dari para alumni Diklatpim Tingkat IV yang belum terlaksana, sehingga hasil atau manfaat yang seharusnya sudah bisa dirasakan oleh organisasi sampai dengan saat ini belum sepenuhnya terlihat. Disarankan dalam aspek reaksi perlu adanya perbaikan dan penambahan fasilitas pada gedung diklat, BKD selaku penyelenggara diklatpim agar lebih selektif dalam menerima penugasan widyaiswara. Aspek pembelajaran, perlu adanya dukungan dan komitmen semua pihak untuk penerapan hasil dari pembelajaran Diklat, agar dapat disosialisasikan apa yang telah diajarkan selama mengikuti kegiatan Diklat. Aspek perilaku, perlu adanya pemantauan dan evaluasi kembali terhadap perilaku para peserta Diklat, agar kedepannya lebih baik lagi. Aspek hasil, perlu adanya hasil yang bermanfaat bagi peningkatan kinerja pegawai dan organisasi, karena dengan hasil yang bermanfaat menunjukkan keberhasilan atas penyelenggaraan kegiatan Diklat.
Tidak tersedia versi lain