Skripsi
Kompetensi Pustakawan Di Perpustakaan Badan Pusat Statistik
Seiring dengan permintaan kebutuhan data dan informasi statistik yang semakin tinggi dan beragam dari masyarakat, maka Badan Pusat Statistik dituntut untuk menyediakan data dan informasi tersebut dengan cepat, tepat, akurat dan berkualitas. Pustakawan di perpustakaan BPS dituntut harus memiliki pengetahuan ilmu statistik, kemahiran dalam menggunakan sistem aplikasi berbasis teknologi informasi sebagai alat riset dan penelusuran informasi/OPAC, kecakapan berkomunikasi, kemampuan bahasa Inggris, sikap, pengendalian diri dan tanggung jawab yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pustakawan yang diperlukan dalam melayani konsumen data. Penelitian dilakukan dengan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Pengolahan data yang digunakan penulis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pengetahuan sangat penting dan mutlak dimiliki pustakawan dalam memberikan pelayanan yang prima kepada konsumen data. 2. Keahlian pustakawan dalam menggunakan sistem aplikasi berbasis teknologi informasi sebagai alat riset dan penelusuran informasi (Online Public Acces Catalogue/OPAC), kecakapan dalam komunikasi dan berbahasa Inggris merupakan salah satu faktor penting dalam suksesnya suatu pelayanan. 3. Sikap, pengendalian diri dan tanggung jawab pustakawan sangat diperlukan untuk memberikan rasa nyaman bagi konsumen data dalam proses layanan. Untuk itu disarankan: 1. Pelatihan atau sharing knowledge pengetahuan ilmu statistik dari subject matter intern BPS untuk menambah wawasan pustakawan. vii 2. Pustakawan lebih diberikan ruang untuk mengikuti pengembangan kompetensi seperti: seminar maupun diklat, baik itu bahasa asing, etika pelayanan dan sebagainya. Kata Kunci: kompetensi, pustakawan, pelayanan, konsumen data.
Tidak tersedia versi lain