Skripsi
Kompetensi Pegawai Badan Kepegawaian, Pendidikan Dan Pelatihan Kabupaten Bener Meriah Dalam Melaksanakan Pelayanan Kepegawaian
Kompetensi Pegawai Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bener Meriah dalam Melaksanakan Pelayanan Kepegawaian merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi baik buruknya pelayanan Kepegawaian. Pelayanan Kepegawaian di Kabupaten Bener Meriah mengalami kendala yang berdampak pada terlambatnya penyelesaian dokumen Kepegawaian yang dibutuhkan oleh Pegawai Negeri Sipil. Hal ini diketahui dari hasil pengamatan penulis terhadap keluhan-keluhan Pegawai Negeri Sipil yang merasa kurang puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pegawai pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bener Meriah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kompetensi Pegawai dalam Melaksanakan Pelayanan Kepegawaian pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bener Meriah ditinjau dari Kompetensi para pegawai yang melaksanakan pelayanan Kepegawaian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan yang menjadi key informant adalah pimpinan dari pelaksana teknis pelayanan Kepegawaian dan juga pegawai yang pelaksana teknisnya itu sendiri pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bener Meriah. Untuk mengumpulkan data yang berasal dari key informant maka metode yang digunakan adalah wawancara, pengamatan dan telaah dokumen. viii Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa kompetensi pegawai pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bener Meriah secara umum sudah cukup baik. Sedangkan yang menjadi aspek penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Pengetahuan, (2) Keterampilan, dan (3) Sikap. Untuk mengoptimalkan kompetensi pegawai, maka penulis menyarankan sebagai berikut: 1. Aspek Pengetahuan: agar masing-masing pegawai diberi kesempatan mendapatkan pelatihan dalam tujuan untuk meningkatkan kompetensinya, sehingga pegawai lebih memahami dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pegawai untuk memberi pelayanan. 2. Aspek Keterampilan: meskipun pegawai Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bener Meriah sudah cukup baik dalam aspek ini namun keterampilan tersebut harus ditingkatkan lagi dengan cara pimpinan harus memberikan kesempatan untuk memperolah keterampilan-keterampilan lainnya. 3. Aspek Sikap: para pegawai dituntut untuk memiliki kesabaran yang tinggi dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Selain itu perlu juga diberi penghargaan berupa pemberian insentif untuk meningkatkan moril dan semangat pegawai dalam menjalankan tugasnya.
Tidak tersedia versi lain