Skripsi
Pengaruh Penerapan Pelatihan Distance Learning Terhadap Produktivitas Penyelenggara Training Officer Course (TOC) di Pusat Pengembangan Kompetensi Teknis dan Sosial Kultural (Pusbangkom TSK) ASN LAN
Program pelatihan teknis yang diselenggarakan Pusbangkom TSK ASN salah
satunya adalah, Pelatihan Penyelenggara Pelatihan (Training Officer Course),
pelatihan yang diselenggrakan ini berbeda dengan pelatihan TOC
sebelumnya. Pelatihan TOC tahun 2019 ini menggabungkan model e-Learning
dan klasikal. Sebagian besar proses pembelajarannya dalam program
pelatihan ini menggunakan teknologi informasi. Pendekatan atau model eLearning.
Namun dengan adanya Surat Edaran Kepala LAN terkait
penanganan untuk penyebaran virus covid-19, pelatihan yang blanded
elearning menjadi distance learning.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peng pengaruh Penerapan Pelatihan Distance Learning terhadap
Produktivitas Penyelenggara Training Officer Course (TOC). Variable yang
diteliti adalah variable Pelatihan Distance Learning sebagai variable bebas
dan Produktivitas Penyelenggara sebagai variable terikat. Metode penelitian
menggunakan metode campuran/kombinasi atau sering disebut mixed method
dengan menggunakan metode kuantitatif dan metode kualitatif. Adapun jenis
metode kombinasi ini adalah dengan menggunakan strategi explanatoris
sequensial. Populasi dan sampel yang digunakan adalah seluruh pegawai
pada Pusbangkom Teknis dan Sosial Kultural ASN LAN sebanyak 43
pegawai. Penelitian ini menggunakan skala Likert, sedangkan uji hipotesis
adalah menggunakan uji analisis regresimlinier sederhana, kemudian setelah
itu menggunakan moteode wawancara untuk Memperkuat, memperdalam,
dan memperluas data kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa
Pelatihan Distance Learning berpengaruh terhadap Produktivitas
Penyelenggara. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan dilakukan uji hipotesis.
berdasarkan Hasil uji Signifikan Korelasi Pearson Product Moment
menunjukkan bahwa nilai r
hitung
lebih besar dari r
tabel
, maka dikatakan terdapat
hubungan yang kuat dan positif. Dan berdasarkan hasuil uji t yang digunakan
pengujian menggunakan tingkat signifikan 0,05 maka diperoleh t
hitung
> t
tabel
,
variabel Pelatihan Distance Learning berpengaruh secara signifikan terhadap
Produktivitas Penyelenggara Training Officer Course (TOC). Dengan demikian
pelatihan distance learning berpengaruh terhadap produktivitas penyelenggara
dengan melihat kemampuan-kemampuan penyelenggara yang ditunjukkan
dalam pelatihan distance learning.
Tidak tersedia versi lain