Skripsi
Pemanfaatan Arsip Statis Melalui Diorama Sejarahperjalanan Bangsa Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Siswa Sekolah Menengah Kejuruandi Arsip Nasional Republik Indonesia
Arsip Statis di Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa di Arsip Nasional Republik Indonesia berperan dalam memberikan fungsi edukasi, rekreasi, penelitian, dan pembinaan mental kejuangan. Melalui koleksinya yaitu arsip statis, Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa dapat memberikan informasi mengenai sejarah perjalanan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pemanfaatan arsip statis melalui diorama sejarah perjalanan bangsa sebagai media pembelajaran sejarah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Variabel yang diteliti adalah pemanfaatan arsip statis melalui Diorama sebagai media pembelajaran sejarah. Adapun indikator-indikator yang diukur dalam penelitian ini terdiri dari Access, Cost, Technology, Interactivity, dan Organization. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian kuantitatif deskriptif berupa angka yang digambarkan dalam bentuk statistik deskriptif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 63 responden yaitu siswa SMKN Cipunagara 1 Subang, SMK BaktiPurwokerto, dan SMK Yapan Indonesia Depokdan viii kajian pustaka. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai adalah teknik statistik deskriptifdengan basis data yang dikuantifikasikan atau diangkakan kemudian dari hasil pengolahan data tersebut hasilnya akan dibuat dalam bentuk tabel frekuensi, selanjutnya penulis memberikan interpretasi berdasarkan data yang ada dan akhirnya mengukur persepsi siswa SMK tentang pemanfaatan arsip statis melalui diorama sejarah perjalanan bangsa Arsip Nasional Republik Indonesia. Sebagai media pembelajaran sejarah dari indikator-indikator yang akan diukur berdasarkan rumus yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan arsip statis melalui diorama sejarah perjalanan bangsa sebagai media pembelajaran sejarah: 1. Dari indikator access termasuk dalam kategori sangat tinggi 2. Dari indikator cost termasuk dalam kategori sangat tinggi 3. Dari indikator Technology termasuk dalam kategori sangat tinggi 4. Dari kategori Interactivity termsuk dalam kategori sangat tinggi 5. Dari indikator Organization termasuk dalam kategori sangat tinggi Untuk itu penulis menyarankan: 1. Para siswa sebaiknyabisa memanfaatkan arsip statis melalui diorama sebagai media pembelajaran di Arsip Nasional Republik Indonesia secara maksimal. 2. Tampilan diorama agar dikemas dengan lebih baik, menarik dan inovatif 3. Perlu ditampilkan tokoh-tokoh pemimpin bangsa, sehingga siswa dapat mengenali pemimpin bangsanya 4. Perlu adanya pemandu sehingga siswa lebih terarah saat melakukan kunjungan 5. Adanya tugas dari guru sejarah mengenai sejarah perjalanan bangsa sehingga siswa akan lebih seksama memperhatikan arsip statis apa saja yang menjadi bukti adanya sejarah perjalanan bangsa.
Tidak tersedia versi lain