Tesis
Analisi Kinerja Panitia Pengadaan Barang/Jasa Di Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa sekretariat Presiden Kementerian Sekretariat Negara
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Panitia Pengadaan Barang/Jasa di
Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Presiden Kementerian Sekretariat
Negara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang meliputi empat
aspek yaitu kualitas, kuantitas, waktu dan cost effectiveness. Teknik pengumpulan data
melalui wawancara, observasi dan telaah dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1. Kualitas : Untuk kualitas pekerjaan panitia baru terpenuhi kompetensi tingkat dasar,
selain itu kemampuan anggota pokja sangat beragam tergantung kepada jam
kerjanya. Pengembangan kompetensipun jarang diadakan.
2. Kuantitas : Untuk kuantitas pekerjaan sudah dibagi sesuai dengan jumlah anggota
Pokja. Namun demikian yang memberatkan pada saat tender datang bersamaan.
Kesalahan pada saat pelaksanaan tender masih bersifat minor.
3. Waktu : Antara perencanaan dan tender banyak yang masih belum tepat waktu.
Tahun 2019 saja hanya 49% yang bisa tepat waktu. Panitia yang masih adhoc sangat
berpengaruh pada pembagian waktu kerja antara pekerjaan utama dan panitia
pengadaan.
4. Cost effectiveness : Anggaran yang tersedia belum efektif dalam mendukung
kegiatan Panita Pengadaan dan Sekretariat UKPBJ. Anggaran yang digunakan pada
tahun 2019 hampir semuanya untuk aperjalanan dinas.
Untuk itu disarankan, perlu dilaksanakan pengembangan kemampuan dengan
pelatihan yang berkualitas, pengontrolan saat pelaksanaan tender agar sesuai dengan
rencana tender dan anggaran yang mencukupi serta sesuai dengan kebutuhan
organisasi. Kemudian yang terpenting kedepannya diharapkan agar semua anggota
panitia di UKPBJ Sekretariat Presiden adalah Pejabat Fungsional semua,. Sehingga
kedepannya kinerja panitia pengadaan akan meningkat dikarenakan pekerjaannya
sebagai pejabat fungsional memang hanya untuk pengadaan barang/jasa.
Tidak tersedia versi lain