Tesis
Efektivitas Sistem E-LEARNING Pada Program Pendidikan Di Lembaga Pertahanan Nasional Republik Indonesia
Dalam usaha mencapai tujuan pendidikan dengan melakukannya
perbaikan sistem pembelajaran dengan mengikuti perkembangan zaman yang
sangat pesat ini, khususnya pada bidang teknologi yang semakin bertambah waktu
semakin maju pula perkembangannya, oleh karena itu, dalam suatu lembaga
pendidikan perlu adanya pembaharuan pembelajaran dari sistem pembelajaran
yang digunakan agar dapat memanfaatkan teknologi yang ada dengan
menggunakan sistem pembelajaran e-learning. Maka penulis meneliti tentang
Efektivitas Sistem E-learning pada Program Pendidikan di Lemhannas RI sebagai
lembaga penyelenggaraan pendidikan, penyiapan kader dan pemantapan pimpinan
tingkat nasional.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana
Efektivitas Sistem E-learning pada Program Pendidikan di Lemhannas RI. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data
yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dokumentasi dan angket
sebagai metode pendukung. Teknik analisis data penulis yaitu reduksi data,
penyajian data dan penulis menggunakan triangulasi sumber kemudian menarik
kesimpulan. Subjek penelitian ini yaitu, Deputi Pendidikan dan para tenaga
pendidik dan peserta didik dalam segi pemanfaatan dan sarana prasarana, juga
ditambah staf Biro Telematika sebagai sumber data.
Hasil penelitian menyatakan bahwa penyelenggaraan e-learning telah
diselenggarakan sejak tahun 2006. Rancangan aplikasi e-learning di Lemhannas
RI adalah dirancang dengan gaya/model a social constructionist pedagogy, yaitu
setiap peserta bisa belajar secara baik dan optimal jika mereka berinteraksi
dengan materi pembelajaran, dan bisa membagi materi baru kepada sesama
peserta, serta bisa berinteraksi dengan sesama peserta tentang materi yang
dipelajari. Selain itu e-learning juga sangat membantu peserta menyampaikan
pendapat pribadinya pada wadah berupa forum diskusi yang ada di e-learning. Elearning
diselenggarakan karena disebut sebagai sistem yang efektif dan efisien.
Karakteristik pendidik dan peserta didik terbilang baik sehingga dapat mendukung
terselenggaranya e-learning. Dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang
memadai, maka proses pembelajaran e-learning sangat memudahkan bagi
pendidik dan peserta didik, baik dari segi pemahaman atau penggunaan. Hasil
akhir dari pembelajaran e-learning meningkat dengan mengkombinasikan metode
konvensional. Dana yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan e-learning cukup
besar, namun tidak dikhawatirkan bagi pihak lembaga karena sistem tersebut
didukung oleh Lemhannas RI. Dan interaksi yang baik terajadi pada saat
pembelajaran e-learning berlangsung sehingga keefektifan pada pembelajaran elearning
itu dapat terlaksana.
Tidak tersedia versi lain