Tesis
Analisis Penyebab Penurunan Kinerja Karyawan Di IT Infrastructure Group PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kantor Pusat
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, analisa dokumen dan analisa media
sosial, yang ditujukan untuk mendiagnosa penyebab penurunan kinerja karyawan di
unit kerja IT Infrastructure Group, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dimana sejak
tahun 2015 hingga 2018 penilaian kinerjanya terus menurun.
Penilaian kinerja IT Infrastrcuture Group oleh direksi (BOD) berlandaskan
pada pencapaian Key Performance Indicator (KPI) tahunan yang sudah ditetapkan
sebelumnya, menggunakan pendekatan Balanced Scorecard. Kegagalan mencapai
target KPI menunjukkan penurunan kinerja karyawan di IT Infrastructure Group
dengan indikator menurunnya proporsi pencapaian jumlah karyawan yang
memperoleh nilai kinerja tinggi (PL1) dan meningkatnya proporsi jumlah karyawan
yang memperoleh nilai kinerja rendah (PL4).
Menggunakan analisis kinerja, mengacu kepada faktor kemampuan dan
motivasi, diperoleh hasil penelitian bahwa penyebab dari penurunan kinerja tersebut
adalah kualifikasi teknis karyawan yang belum imbang dengan kemajuan dan
kompleksitas infrastruktur teknologi yang mereka kelola. Penyebab lain ditemukan
bahwa di beberapa tim ada kondisi kekurangan jumlah karyawan dan hal ini
mempengaruhi distribusi pekerjaan dan pencapaian target KPI. Faktor eksternal
karyawan juga ditemukan menjadi penyebab menurunnya kinerja karyawan.
Ditemukan bahwa kondisi infrastruktur teknologi belum diperbaharui 100%, dimana
banyak perangkat dan system IT yang sudah melewati masa kadaluarsa (end of
support).
Tidak tersedia versi lain