Tesis
Kualitas Pelayanan Pada Outlet Digital Branch PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Wilayah Jakarta Senayan
ujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas layanan pada
outlet digital branch BNI Wilayah Jakarta Senayan melalui 3 dimensi yaitu
Reliability (kehandalan), Assurance (bagaimana pelayanan tersebut
memberikan keyakinan terhadap konsumen) dan Tangibel (bagaimana
tampilan fisik, peralatan, gadged & media komunikasinya).
Dalam penelitian ini dilakukan pada 2 (dua) outlet digital branch PT Bank
Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Wilayah Jakarta Senayan yaitu
outlet digital branch kota kasablanka dan digital branch gandaria city.
Locus dalam Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan
melakukan wawancara terhadap Key Informan yaitu pemimpin bisnis wilayah
dan pemimpin outlet digital branch outlet digital branch, observasi lapangan
dan telaah data layanan.
Hasil penelitian terhadap kualitas pelayanan outlet digital branch BNI
Wilayah Jakarta Senayan dengan melihat 3 Dimensi diperoleh kesimpulan :
1. Dimensi Reliability (kehandalan), pada dimensi ini perangkat digital
branch masih terdapat beberapa perangkat digital yang belum dapat
memenuhi kebutuhan nasabah yaitu perangkat smartkiosk, perangkat
interactive wall dan interactive table dikarenakan masih terdapat kendala
dalam pencetakan kartu nasabah dan sistem yang eror.
2. Dimensi Assurance (Jaminan), pada dimensi ini jaminan keamanan telah
diberikan oleh outlet digital branch BNI yaitu berupa penerapan
xi
manajemen resiko dan pemenuhan peraturan OJK Nomor 38
/POJK.03/2016. Selain itu keamanan dari sisi produk dan ketentuan
perbankan baik berupa informasi syarat – syarat dan ketentuan produk
yang ada telah disiapkan pada perangkat digital yaitu digital brosure (ebrosure)
yang terdapat pada perangkat Interactive Wall dan Interactive
Table.
3. Dimensi Tangible (Tampilan Fisik) pada dimensi ini diketahui bahwa
perangkat digital yang ada pada outlet digital branch BNI Wilayah
Jakarta Senayan telah terpenuhi dengan baik, namun masih dibutuhkan
tambahan 1 (satu) Big Screen yang diletakkan pada dinding depan outlet
agar dapat menarik customer.
Tidak tersedia versi lain