Tesis
Pengembangan Organisasi Sekolah Bahasa LEMDIKLAT POLRI
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai proses
pengembangan organisasi Sekolah Bahasa Lemdiklat Polri. Jenis penelitian yang
digunakan oleh penulis adalah penelitian kwalitatif. Hasil penelitian ditemukan
sebagai berikut (1) Salah satu tujuan Sekolah Bahasa Lemdiklat Polri adalah
meningkatkan kemampuan berbahasa asing bagi personel Polri, sedangkan salah
satu misinya adalah mendidik personil Polri agar memiliki kompetensi bahasa,
namun kedua hal tersebut belum dapat diwujudkan dengan maksimal karena
belum terakomodirnya animo personil Polri untuk mengikuti pendidikan yang
disebabkan permasalahan organisasi di Sebasa. (2) Pengembangan Sekolah
Bahasa Lemdiklat Polri jika dilihat dari aspek strategi, ditemukan bahwa strategi
untuk mencapai sasaran yakni menyelenggarakan pendidikan bagi aparatur di
lingkungan Polri tidak maksimal terlaksana. Dalam pelaksanaannya saat ini,
banyak animo pendidikan yang tidak tertampung sehingga banyak personil Polri
yang tidak bisa mengikuti pendidikan di Sebasa. (3) Pengembangan Sebasa
Lemdiklat Polri dilihat dari aspek ukuran organisasi, ditemukan bahwa organisasi
Sebasa mendapat beban tugas yang besar, sedangkan organisasinya kecil dan
tidak adaptif dengan kebutuhan organisasi saat ini, dan sehingga Sebasa tidak
maksimal dalam mendukung pencapaian tujuan mendidik personil Polri untuk
mampu berbahasa asing. (4) Pengembangan Sekolah Bahasa Lemdiklat Polri jika
dilihat dari aspek teknologi, Sebasa sudah menggunakan teknologi komputerisasi
untuk mendukung pelaksanaan tusi, namun struktur yang menangani bidang
tersebut tidak ada. (5) Pengembangan Sekolah Bahasa Lemdiklat Polri jika dilihat
dari aspek lingkungan, ditemukan bahwa Sebasa dibutuhkan oleh satuan samping
/ satuan lain di Polri untuk bisa mendidik dan memenuhi kebutuhan pada satker
luar tersebut, namun Sebasa tidak bisa menyerap seluruh animo pendidikan atau
kebutuhan kedinasan dari satker luar untuk ikut pendidikan di Sebasa. (6)
Pengembangan Sekolah Bahasa Lemdiklat Polri jika dilihat dari aspek pemegang
kekuasaan yakni visi misi pimpinan terhadap organisasi Sebasa, disini ditemukan
bahwa kelembagaan Sebasa memegang peranan penting dalam mendidik personil
Polri dan diandalkan oleh unsur pimpinan Polri, sehingga ada atensi dan
dukungan ditingkat pimpinan untuk mengembangkan Sebasa satu tingkat lebih
tinggi agar mampu memenuhi kebutuhan ahli bahasa pada jajaran Polri.
Tidak tersedia versi lain