Tesis
Sistem Pengendalian Internal Manajemen Piutang Dalam Kerangka Objek Penjaminan Pasien BPJS Di RSAB Harapan Kita
Rumah sakit perlu mengelola piutang nya dengan sistem administrasi
yang baik. Karena penerimaan keuangan rumah sakit yang besar diperoleh dari
penerimaan piutang.BPJS. Penerimaan piutang terjadi ketika kas tidak diterima
langsung oleh pasien yang telah selesai berobat dirumah sakit, melainkan pasien
tersebut menggunakan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan
(BPJS). Latar belakang permasalahan peneltian yaitu cash flow keuangan
terganggug, kliam pending, tagihan klaim terlambat dan ada selisih pembayaran
BPJS. Perlu pengendalian manajemen piutang yang dirancang dengan baik,
sehingga kebijakan manajemen piutang rumah sakit dapat berjalan dengan efisien
dan efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem pengedalian internal
sistem manajemen piutang rumah sakit yang bersumber dari piutang BPJS dengan
mekanisme lingkungan pengendali yaitu SPO, pengawasan SPI dan unsur –unsur
dari pengendalian internal terdiri dari Organisasi yang memisahkan tanggung
jawab dan wewenang secara tegas, Sistem otoritas dan prosedur pencatatan,
Praktek yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap unit organisasi
dan Karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya. Penelitian ini
bersifat deskriptif analysis dengan memaparkan informasi mengenai terjadinya
kasus melalui pengamatan langsung, wawancara dengan narasumber dan analisa
kualitatif dengan acuan literature dan ketentuan yang berlaku
Hasil penelitia ini diperoleh bahwa lingkungan pengdalian yaitu SPO yang
berjalan harus berubah dan pengawasan SPI dalam pegendalian kecurangan
Piutang BPJS tidak berfungsi dikarenakan pemeriksaan dilakukan hanya
pelaporan keuangan. unsur – unsur pengendalian internal yaitu sisitem otatoritas
pencatatan yang masih kurang terintegrasi , karyawan yang belum sesuai
tanggung jawabnya serta rotasi yang kurang dalam lingkungan kerja. Perlu adanya
penyempurnaan dalam unsur – unsur pengendalian internal yang ada.
Penelitian ini menyarankan membuat perubahan alur kerja flowchat SPO yang
sesuai, pelatihan dan pengembanagan SDM , pengawasan SPI terhadap
kecurangan Piutang BPJS setiap bulan dilaksanakan, penggunaan aplikasi yang
terintegrasi dan peningkatan pendapatan insentif SDM sesuai kinerja yang
dilakukan.
Tidak tersedia versi lain