Tesis
Pengaruh Aplikasi Mobile Banking Jakone Dan Service Excellent Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank DKI Kantor Layanan Cabang Mampang Prapatan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada Pengaruh “Aplikasi Mobile
Banking JakOne dan Service Excellent Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank DKI
Kantor Layanan Cabang Mampang Prapatan”. Penelitian ini menggunakan tiga variabel,
yaitu Variabel Aplikasi Banking JakOne (X1) Variabel Service Excellent (X2), Variabel
Kepuasan Nasabah.(Y).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Teknik pengambilan data adalah penyebaran kuesioner, survay, observasi,
telaah dokumen.
Berdasarkan hasil Pengaruh Variabel Aplikasi Mobile Banking (X1) Terhadap
Variabel Kepuasan Nasabah (Y), dilakukan uji t parsial. Berdasarkan pada tabel di atas
diperoleh nilai t
hitung
variabel Aplikasi Mobile Banking (X1) 7,152 > t
tabel
2,004. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa variabel Aplikasi Mobile Banking (X1) memiliki pengaruh secara
parsial terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y) Banking DKI Kantor Layanan Cabang
Mampang Prapatan.
Berdasarkan tabel output SPSS “Model Summary” diketahui bahwa nilai koefisien
determinasi atau R square (R
2
) adalah sebesar 0,883. Besarnya angka koefisien
determinasi adalah 0,883 atau sama dengan 88,3%. Angka tersebut mengandung arti
bahwa variabel Aplikasi Mobile Banking (X1) secara parsial berpengaruh terhadap variabel
Kepuasan Nasabah (Y) Banking DKI Kantor Layanan Cabang Mampang Prapatan. sebesar
88,3%.
Untuk mengetahui pengaruh variabel Aplikasi Mobile Banking (X1) terhadap variabel
Kepuasan Nasabah (Y) dilakukan uji t parsial. Berdasarkan pada tabel output SPSS nilai
t
hitung
variabel Excellent Service (X2) 4,782 > t
tabel
2,004. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
variabel Excellent Service (X2) tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap variabel
Kepuasan Nasabah (Y) Banking DKI Kantor Layanan Cabang Mampang Prapatan.
Berdasarkan tabel output SPSS “Model Summary” diketahui bahwa nilai koefisien
determinasi atau R square (R
2
) adalah sebesar 0,840. Besarnya angka koefisien
determinasi adalah 0,840 atau sama dengan 84,0%. Angka tersebut mengandung arti
bahwa variabel Excellent Service (X2) secara parsial berpengaruh terhadap variabel
Kepuasan Nasabah (Y) Banking DKI Kantor Layanan Cabang Mampang Prapatan. sebesar
84,0%. Berdasarkan tabel output SPSS di atas, diketahui bahwa nilai signifikansi (Sig.)
0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semua variabel Aplikasi Mobile Banking
(X1) dan variabel Motivasi (X2) secara simultan berpengaruh terhadap variabel Kepuasan
Nasabah (Y) Banking DKI Kantor Layanan Cabang Mampang Prapatan. Pengujian juga
dilakukan dengan cara membandingkan Nilai F hitung 305,260 > F tabel 3,16. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa variabel Aplikasi Mobile Banking (X1) dan variabel Motivasi (X2)
secara simultan berpengaruh terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y) Banking DKI Kantor
Layanan Cabang Mampang Prapatan.
Berdasarkan tabel output SPSS “Model Summary” diketahui bahwa nilai koefisien
determinasi atau R square (R) adalah sebesar 0,917. Besarnya angka koefisien
determinasi adalah 0,917 atau sama dengan 91,7%. Angka tersebut mengandung arti
bahwa variabel Aplikasi Mobile Banking (X1) dan variabel Motivasi (X2) secara simultan
(bersama-sama) berpengaruh terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y) Banking DKI Kantor
Layanan Cabang Mampang Prapatan sebesar 91,7%. Sedangkan sisanya 100% - 91,7% =
8,3% merupakan pengaruh lain dari variabel lain diluar penelitian ini
Disarankan yang ditujukan bagi Manajemen pihak Bank DKI, bahwa diperlukan
adanya peningkatan dalam aplikasi JakOne agar lebih mudah digunakan oleh nasabah dan
lebih mudah dimengerti semua instruksinya agar nasabah tidak kebingungan dalam
menggunakan aplikasi mobile banking JakOne. Hendaknya karyawan bank DKI setiap
bulan mampu melakukan peningkatan kualitas pelayanan kepada nasabah, agar nasabah
Bank DKI mendapatkan pelayanan yang maksimal. Pihak karyawan bank hendaknya dapat
memberikan penjelaskan prosedur pelayanan secara rutin kepada nasabah, agar nasabah
Bank DKI tidak kebingungan dalam bertransaksi.
Tidak tersedia versi lain