Tesis
Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta (Studi Kasus Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Lingkungan Kecamatan Tanah Abang Kota Administasi Jakarta Pusat)
Pelayanan publik merupakan hak dari warga negara dan negara memiliki
kewajiban untuk memenuhi hak-hak warga tersebut dengan tidak memihak
individu atau kelompok manapun serta diselenggarakan secara berkualitas.
Kehadiran penyelenggara dalam memenuhi kebutuhan administrasi
kependudukan sangat penting bagi kehidupan masyarakat, karena sejak lahir
seseorang tidak dapat dipisahkan dari pendaftaranpenduduk dan pencatatan sipil.
Produk administrasi kependudukanseperti KTP-el, Kartu Keluarga, Akta
Pencatatan Sipil, Akta Kelahiran, dan lain-lain menjadi persyaratan untuk layanan
dasar dan pelayanan publik. Dengan tidak memiliki dokumen kependudukan,
masyarakat tidak bisa mengakses pelayanan dasar dan pelayanna umum.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan
administrasi masyarakat dan memberikan masukan kepada Dinas Kependudukan
dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta dalam rangka meningkatkan mutu
pelayanan penyelenggaraan administrasi kependudukan.
Untuk mengukur kualitas pelayanan administrasi kependudukan dapat di
ukur dari 5 dimensi, yaitu : tangible (berwujud), reliability (kehandalan),
responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), empathy (empati).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode studi kasus. Sedangkan metode pengumpulan data
dengan cara wawancara, observasi dan telaah dokumen.
Secara keseluruhan kualitas pelayanan administrasi kependudukan sudah
baik, hanya perlu peningkatan kualitas pelayanan seperti (1) memperhatikan
kebersihan toilet, memperlebar ruang pelayanan dan tempat parkir (2) melakukan
evaluasi beban kerja petugas (3) membentuk tim yang bertugas memelihara
jaringan yang berfungsi sebagai helpdesk IT (4)membuat jadwal breafing petugas,
(5) mendelegasikan wewenang penandatangan akta di kelurahan danpembuatan
aplikasi dan layanan online.
Tidak tersedia versi lain