Skripsi
Kualitas Layanan Keuangan Berbasis Aplikasi Pada Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan keuangan
berbasis aplikasi pada Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif. Layanan keuangan berbasis aplikasi yang menjadi
objek dalam penelitian ini adalah layanan aplikasi PKPT dan aplikasi NIKITA.
Kualitas layanan diukur menggunakan tingkat persepsi pengguna layanan
dengan model e-service quality (E-SERVQUAL) yang terdiri dari tujuh indikator
yaitu efficiency, fulfillment, system availability, privacy, responsiveness,
compensation, dan contact. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebar
kepada staf pengelola keuangan di Inspektorat dan Bagian Sekretariat
Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. Jumlah responden yang berhasil
dihimpun sebanyak 31 staf pengelola keuangan selaku pengguna utama
layanan keuangan berbasis aplikasi.
Hasil penelitian menggunakan rentang nilai dan kategori Customer
Satisfaction Index (CSI) menunjukkan kualitas layanan keuangan berbasis
aplikasi pada Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan bernilai tinggi
dengan nilai sebesar 80,75% atau termasuk dalam kategori memuaskan.
Peneliti menyarankan peningkatan kualitas layanan pada indikator efficiency
dan fulfillment dengan membuat menu yang lebih user friendly; indikator
system availability dengan melakukan maintenance aplikasi secara berkala;
indikator privacy dengan senantiasa mengingatkan kepada pengguna untuk
menjaga kerahasiaan password, mengganti password secara periodik, dan
menggunakan password yang aman dengan kombinasi huruf dan angka;
indikator responsiveness dengan menyediakan person in charge (PIC)yang
memiliki kompetensi memadai serta tanggap dalam menangani permasalahan
dalam aplikasi; indikator compensation dengan menginformasikan kepada
pengguna terkait kebijakan khusus dan aplikasi/tools pengganti saat aplikasi
utama tidak dapat digunakan; dan indikator contact dengan
menginformasikan kepada pengguna terkait person in charge (PIC)yang dapat
dihubungi jika terjadi kendala dalam aplikasi.
Tidak tersedia versi lain