Skripsi
Efektivitas Pelayanan Pada Kantor Pelayanan Satu Pintu (Ptsp) Kota Administrasi Jakarta Pusat
Pada hakikatnya tugas aparatur pemerintah adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal. Pemerintah dituntut untuk membenahi pelayanan pada sektor-sektor publik, yang akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Hal tersebut yang kemudian melatarbelakangi penulis melakukan penelitian ini, karena secara umum pelayanan birokrasi di Indonesia dinilai masih jauh dari harapan masyarakat ataupun pengguna layanan, khusus layanan perizinan dan non perizinan. Untuk memberikan pelayanan yang maksimal pemerintah Provinsi DKI Jakarta membentuk Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang diyakini dapat menjadi solusi terhadap kesemrawutan pelayanan publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelayanan perizinan dan non perizinan pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Pusat dilihat dari aspek tujuan, aspek sistematik dan aspek tingkah laku. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui teknik wawancara, dan telaah dokumen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Tujuan Kantor PTSP adalah memberikan pelayanan yang maksimal, dengan mengedepankan kemudahan kepada masyarakat, yakni pelayanan yang murah, transparan, terjangkau dan akuntabel, (2) Sistem pelayanan yang lebih sederhana dan profesional, pengurusan perizinan dan non perizinan tidak berbelit-belit, pelayanan lebih efektif dan didukung oleh sistem vii pelayanan , (3) Suasana kerja yang kondusif dipengaruhi oleh faktor kepemimpinan yang terbuka, faktor dukungan para staf dalam organisasi untuk mewujudkan tujuan dan sasaran organisasi serta sistem reward dan punishment dalam upaya pengembangan pegawai. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas maka saran-saran dalam penellitian ini adalah (1) Perlu konsistensi pemerintah dalam melaksanakan pelayanan perizinan dan non perizinan, (2) Perlunya peningkatan prasarana dan sarana untuk menghasilkan pelayanan yang lebih maksimal, (3) Melaksanakan evaluasi secara berkelanjutan dengan melibatkan peran serta masyarakat.
Tidak tersedia versi lain