Skripsi
Penerapan Administrasi Pendidikan Di SMP Negeri 1 Bukit Sundi Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat
SMP Negeri 1 Bukti Sundi merupakan salah satu lembaga penyelenggara pendidikan yang berada di wilayah Kabupaten Solok provinsi Sumatera Barat. Sebagai lembaga penyelenggara pendidikan, sekolah ini terus-menerus mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia pendidikan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan administrasi pendidikan di SMP Negeri 1 Bukit Sundi Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok. Aspek yang diteliti dalam penelitian ini adalah aspek perencanaan, aspek pengorganisasian, aspek pelaksanaan dan aspek pengawasan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah telaahan dokumen, wawancara dengan beberapa key informant, dan observasi. Selanjutnya instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman telaahan dokumen, pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan administrasi pendidikan di SMP Negeri 1 Bukit Sundi secara umum dapat dikatakan cukup baik. Untuk mengoptimalkan penerapan administrasi pendidikan di SMP Negeri 1 Bukit Sundi, Penulis menyarankan sebagai berikut: ix 1. Aspek perencanaan: disarankan kepada kepala sekolah untuk menghimbau kepada seluruh guru dan pegawai di SMPN 1 Bukit Sundi agar memberikan ide-ide dan terobosan baru dalam proses perencanaan rencana kerja tahunan selanjutnya, dengan harapan ide-ide tersebut bisa membuat penerapan administrasi pendidikan di SMPN 1 Bukit Sundi menjadi lebih baik dari yang sebelumnya. 2. Aspek pengorganisasian : disarankan kepada kepala sekolah dalam pengorganisasian rencana kerja untuk terus meminta penambahan pegawai kepada dinas pendidikan apabila ada hambatan seperti kekurangan tenaga PNS dalam pengorganisasian rencana kerja. 3. Aspek pelaksanaan : disarankan kepada kepala sekolah dan seluruh pegawai untuk lebih baik lagi kerjasamanya dalam melaksanakan rencana kerja yang telah dibuat, dengan harapan agar rencana-rencana yang telah dibuat tersebut bisa terlaksana semuanya. 4. Aspek pengawasan: disarankan kepada kepala sekolah dalam pengawasan pelaksanaan rencana kerja untuk berkoordinasi dengan wakil kepala sekolah dan kepala tata usaha agar pelaksanaan rencana kerja yang dibuat tersebut berjalan dengan baik.
Tidak tersedia versi lain