Skripsi
Kompetensi Sumber Daya Manusia Pada Satuan Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kelurahan Di Kecamatan Tamansari Kota Administrasi Jakarta Barat
Kebutuhan masa kini yang menekankan pada semakin tingginya tuntutan dalam kualitas pelayanan publik, membuat standar kinerja organisasi publik akan sama tinggi dengan standar kinerja organisasi bisnis. Dimana pengukuran standar kinerja berkaitan erat dengan kompetensi yang dimiliki oleh seorang pegawai dalam sebuah organisasi, dengan kompetensi dapat membantu organisasi untuk mengetahui sejauh mana seorang karyawan dapat bekerja optimal dan memberikan kontribusi yang sesuai dengan keinginan organisasi. Kompetensi dapat diukur melalui 3 aspek yaitu, aspek pengetahuan (knowledge), aspek keterampilan (skill) dan aspek sikap perilaku (attitude). Latar belakang penelitian ini adalah sebagai respon terhadap terbentuknya Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) Provinsi DKI Jakarta. Sebagai sebuah organisasi yang baru, BPTSP Provinsi DKI Jakarta membutuhkan banyak sumber daya manusia untuk menggerakan kegiatan operasional sehari-hari dalam mencapai visi dan misinya, dimana dalam pengisian jabatan yang kosong menggunakan sistem merit / terbuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi sumber daya manusia pada BPTSP Provinsi DKI Jakarta dengan mengambil sampel pada Satuan Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kelurahan di Kecamatan Tamansari Kota Administrasi Jakarta Barat. Objek Penelitian ini adalah 8 Satuan Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kelurahan di Kecamatan Tamansari Kota Administrasi Jakarta ix Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menggunakan instrumen wawancara kepada key informan dan telaah dokumen dalam pengambilan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia pada Satuan Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kelurahan di Kecamatan Tamansari Kota Administrasi Jakarta Barat dilihat dari aspek pengetahuan (knowledge) ternyata masih terdapat kesenjangan pengetahuan yang dimiliki antara pegawai yang satu dengan pegawai yang lainnya dilihat nilai hasil uji kompetensi mereka, lalu pada aspek keterampilan (skill) penguasaan terhadap teknologi informasi sudah baik namun terdapat kekurangan pada keterampilan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, terakhir pada aspek sikap perilaku (attitude) dapat dikatakan sikap perilaku mereka bisa dikatakan sudah baik dilihat dari dokumen Penilaian Prestasi Kerja Pegawai tahun 2016. Oleh karena itu perlu diberikan diklat teknis yang menunjang dan berkaitan dengan aspek pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill) kepada pegawai untuk meningkatkan kompetensinya. Sehingga dengan diklat tersebut kedepannya mereka diharapkan semakin terampil dan kompeten dalam melayani masyarakat jakarta. Kata Kunci : Kompetensi, Pengetahuan, Keterampilan, Sikap Perilaku
Tidak tersedia versi lain