Skripsi
Peran Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Profesionalitas Pegawai Di Bagian Administrasi Keanggotaan Dan Kepegawaian Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui Peran Kepemimpinan dalam Meningkatkan Profesionalitas Pegawai di Bagian Administrasi Keanggotaan Dan Kepegawaian Setjen DPD RI. Pertanyaan penelitian yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana peran pemimpin di bagian administrasi keanggotaan dan kepegawaian Setjen DPD RI dalam meningkatkan profesionalitas pegawai ditinjau dari aspek pengambil keputusan, aspek mengendalikan konflik dan aspek membangun kerja sama tim. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara kepada 5 (lima) orang key informant dan melakukan observasi yang dimaksudkan untuk memperkaya hasil penelitian. Analisis data dilakukan bersamaan dengan diadakannya pengumpulan data, telaah dokumen dan pengambilan kesimpulan serta diinterpretasikan secara logis dan ojektif terhadap masing-masing aspek. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Peran Kepemimpinan di Bagian Administrasi Keanggotaan dan Kepegawaian Setjen DPD RI dalam meningkatkan profesionalitas pegawai masih perlu ditingkatkan terutama dalam pengawasan dengan menanamkan kesadaran diri yang tinggi kedalam diri pegawai serta mengoreksi setiap pekerjaan pegawai agar pelaksanaan kegiatan satuan organisasi lebih tertib dan disiplin, terhindar dari penyimpangan, penyelewengan dan kebocoran. 2. Peran Kepemimpinan di Bagian Administrasi Keanggotaan dan Kepegawaian Setjen DPD RI ditinjau dari aspek mengendalikan konflik perlu ditingkatkan lagi, karena konflik di tempat kerja bisa mempengaruhi performa pekerjaan yang sedang dilakukan serta perlunya perlu upaya mediasi yang dilakukan antara konflik yang sudah berlangsung lama antara pegawai.. 3. Peran Kepemimpinan di Bagian Administrasi Keanggotaan dan Kepegawaian Setjen DPD RI ditinjau dari aspek dalam membangun kerja sama tim untuk meningkatkan profesionalitas pegawai perlu ditingkatkan lagi dengan menanamkan sikap saling memiliki dalam kelompok serta pemimpin tim sebaiknya mengikut sertakan anggota tim dalam proses pengambilan keputusan sebagai realisasi dari kerja sama tim bersama. 4. Peran Kepemimpinan di Bagian Administrasi Keanggotaan dan Kepegawaian Setjen DPD RI dalam pengambil keputusan mampu mengambil keputusan dengan baik dan cenderung tidak merugikan pegawai serta pengambilan keputusan yang dilakukan. ix Dengan mencermati hasil penelitian tersebut, beberapa saran bagi Bagian Administrasi Keanggotaan dan Kepegawaian Setjeobservasi ai berikut: 1. Kepada pimpinan Bagian Administrasi Keanggotaan dan Kepegawaian Setjen DPD RI, hendaknya lebih meningkatkan peranannya dalam mewujudkan profesionalitas pegawai, walaupun sudah baik tetapi perlu ditingkatkan lagi 2. Hendaknya pimpinan terlebih dahulu menciptakan diri sendiri sebagai pimpinan profesional sehingga bisa ditiru dengan bawahan. Pimpinan hendaknya membangun kerjasama dengan bawahan terlihat dalam upaya membangun visi dan misi organisasi, mampu mengendalikan konflik antara pegawai dan mampu mengambil keputusan yang tepat. 3. Hendaknya pegawai meningkatkan kompetensinya dengan mengikuti pelatihan atau program pengembangan kinerja pegawai, bisa juga dengan mengembangkan karier melalui pendidikan yang bersifat khusus atau bisa juga dengan merotasi serta memutasi agar terciptanya semangat baru dibagian yang berbeda. Kata kunci: Pemimpin, Peran Kepemimpinan
Tidak tersedia versi lain