Skripsi
Pengelolaan Arsip Di Dinas Informasi Dan Pengolahan Data TNI Angkatan Laut
Penelitian ini membahas Pengelolaan Arsip di Disinfolahtal. Penulis mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan arsip di Disinfolahtal. Aspek-aspek yang diteliti yaitu penciptaan arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip, dan penyusutan arsip. Skripsi ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data telaah dokumen dan wawancara. Hasil dari analisis data memperoleh temuan penelitian, terhadap aspek-aspek penelitian, dapat ditarik kesimpulan umum, bahwa pengelolaan arsip di Disinfolahtal sudah dikelola namun belum optimal. Hal itu ditunjukkan melalui kesimpulan yang lebih terinci melalui aspek-aspek: 1. Aspek Penciptaan Arsip. Penciptaan arsip di Disinfolahtal telah mengacu pada Peraturan Kepala Staf Angkatan Laut nomor Perkasal/50/VII/2008 tanggal 16 Juli 2008 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan Arsip dilingkungan TNI Angkatan Laut, dan pengelola arsip masih terbatas (Arsiparis). 2. Aspek Penggunaan Arsip. Penggunaan arsip di Disinfolahtal sudah berjalan dengan baik, dengan tersedianya arsip yang siap digunakan. Namun masih terdapat arsip yang belum tersimpan dalam sistem aplikasi E-Office dan secara fisik juga belum seluruhnya tersimpan di Sub Bagian Tata Usaha. 3. Aspek Pemeliharaan Arsip. Pemeliharaan arsip di Disinfolahtal sudah dilaksanakan sesuai prosedur dan berjalan dengan baik. Perwira Urusan Tata Usaha yang bertugas disetiap Subdis belum semua melaksanakan secara aktif dan masih ada arsip yang belum tersimpan tersentral di Sub Bagian Tata Usaha. Sarana penyimpanan arsip (almari) belum mencukupi untuk menyimpan seluruh arsip. 4. Aspek Penyusutan Arsip. Penyusutan arsip dinamis dan statis melalui pemindahan arsip inaktif maupun arsip statis, pemusnahan arsip sudah dilaksanakan di Disinfolahtal kecuali arsip yang belum tersimpan tersentral di Sub Bagian Tata Usaha serta Jadwal retensi arsip secara berkala belum ada. Saran penulis berdasarkan beberapa kesimpulan yang diuraikan di atas mengenai Pengelolaan Arsip di Disinfolahtal adalah sebagai berikut: 1. Aspek Penciptaan Arsip a. Sub Bagian Tata Usaha mengusulkan untuk pengelola arsip mengikuti pendidikan pelatihan kearsipan. b. Mengusulkan impasing ke dalam jabatan Fungsional Arsiparis. c. Mengusulkan pembentukan Unit baru yang menangani pengelolaan arsip di lingkungan Disinfolahtal. 2. Aspek Penggunaan Arsip. Seluruh fisik arsip harus disimpan tersentral di Sub Bagian Tata Usaha dan dimasukkan kedalam sisem aplikasi E-Office. 3. Aspek Pemeliharaan Arsip. Dalam pemeliharaan arsip di Disinfolahtal diperlukan sarana penyimpanan arsip yang mendukung pengelolaan arsip. Mengaktifkan/membudayakan pengarsipan secara kontinyu dan konsisten sampai dengan akhir proses suatu arsip melalui media sistem aplikasi E-Office. 4. Aspek Penyusutan Arsip. Mengusulkan penyusunan Peraturan Kasal tentang Jadwal Retensi Arsip dan penyusutan.
Tidak tersedia versi lain