Skripsi
Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Tni Angkatan Laut (DISDIKAL)
Dinas Pendidikan TNI AL disingkat Disdikal adalah badan pelaksana pusat TNI AL yang berkedudukan langsung di bawah Kasal.Disdikal bertugas menyelenggarakan pembinaan fungsi pendidikan yang meliputi analisa kebutuhan, perencanaan pendidikan, pengembangan pendidikan dan operasional pendidikan serta pengawasan, pengendalian dan evaluasi pendidikan di lingkungan TNI AL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Motivasi terhadap kinerja pegawai pada satuan kerja Dinas Pendidikan TNI Angkatan Laut(Disdikal).Penelitian ini menggunakan dua variable yaitu variable motivasi sebagai variable bebas ( X ) dan variable kinerja sebagai variable terikat ( Y ).Indikator yang menjadi pokok dalam penilaian motivasi adalah kebutuhan akan Prestasi,kebutuahan akan kekuasan dan kebutuhan afiliasi atau bersahabat.Sedangkan indikator kinerja adalah kuantitas,kualitas,ketepatan waktu,kehadiran dan kerjasama.Indikator tersebut tertuang dalam dua belas pernyataan. Berdasarkan perhitungan dan hasil analisis, Korelasi produk moment (r) sebesar 0.289 > 0.200 (r tabel) atau 0.289 > 0.05 maka ditemukan bahwa adanya pengaruh pada variabel motivasi (X) terhadap variabel kinerja (Y) yang bersifat positif (searah) pada Dinas Pendidikan TNI Angkatan Laut (Disdikal). Hal tersebut menunjukan bahwa variabel Motivasi (X) berpengaruh positif terhadap variabel kinerja pegawai (Y), artinya setiap kenaikan Kinerja pegawai Dinas Pendidikan TNI Angkatan Laut merupakan akibat dari kenaikan Motivasi. Begitu pula sebalikanya apabila Motivasi menurun maka kinerja pegawai Dinas Pendidikan TNI Angkatan Laut juga akan menurun. ix Dari perhitungan analisis determinasi variabel Motivasi terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan TNI Angkatan Laut (Disdikal) diperoleh sebesar 0.083, hal ini berarti 8.3 % variabel motivasi (X) berkontribusi terhadap kinerja pegawai (Y) sedangkan koefisien non determinasinya sebesar 100-8.3 %= 91.7 % dipengaruhi oleh Variabel-variabel lain diluar variabel bebas. Untuk solusi masalah yang ditemukan dalam penelitian pada Dinas Pendidikan TNI Angkatan Laut, maka peneliti memberikan saran sebagai masukan bagi Dinas Pendidikan TNI Angkatan laut yaitu : 1. Berdasarkan data statistic descriptive yang sudah dijabarkan pada Bab IV dimana terdapat 2 indikator variabel X yang nilainya paling lemah yaitu indikator prestasi dan indikator kekuasaan maka dapat disarankan kepada Disdikal sebagai berikut: a. Indikator Prestasi Agar pimpinan Disdikal memberikan kesempatan pegawai untuk mengikuti pendidikan, kursus-kursus dan pengembangan diri lainnya baik diluar kedinasan maupun di dalam kedinasan seperti kursus katalogisasi perpustakaan, kursus bahasa inggris, kursus komputer dan lain-lain. Dengan demikian pegawai tersebut dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan pendidikan dan kemampuannya sehingga kinerja pegawai Disdikal meningkat. b. Indikator Kekuasaan Agar pimpinan Disdikal menentukan sasaran tugas perorangan atau kelompok dengan mengkomunikasikan kepada bawahan melaui briefing sebelum melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan tugas pokok organisasi. Dengan demikian apabila komunikasi antara atasan dengan bawahan dalam rangka pencapaian tugas berjalan dengan baik sehingga kinerja pegawai Disdikal dapat meningkat pula. 3. Bagi dunia akademis agar dilaksanakan penelitian lebih lanjut terhadap faktor-faktor Motivasi yang lainnya diluar dari faktor Motivasi yang sudah di teliti pada penelitian ini untuk memperkuat hasil penelitian tentag pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai.
Tidak tersedia versi lain