Skripsi
Startegi Promosi Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) Oleh PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kebon Jeruk Jakarta Barat Tahun 2018
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi promosi SPLU oleh PLN UP3 Kebon Jeruk Tahun 2018 dengan aspek aspek periklanan, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui telaah dokumen dan wawancara key informant dengan Manajer UP3, Manajer Bagian Pemasaran, Supervisor Penyambungan dan Pemutusan, dan Pelanggan Pengguna SPLU di wilayah kerja PLN UP3 Kebon Jeruk. Hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa strategi promosi SPLU di PLN UP3 Kebon Jeruk telah dilaksanakan dengan baik melalui aspek periklanan, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat. Penulis menilai aspek-aspek tersebut relevan dengan apa yang ditulis pada skripsi ini. Berdasarkan masing-masing aspek diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1. Pelaksanaan periklanan SPLU di PLN UP3 Kebon Jeruk sudah dilaksanakan dengan baik melalui media cetak seperti brosur dan flyer, media elektronik seperti radio, dan juga media digital melalui jejaring sosial. iv 2. Pada aspek promosi penjualan, telah dilakukan beberapa kegiatan promosi untuk meningkatkan penjualan secara umum salah satunya melalui promosi penjualan SPLU. 3. Aspek hubungan masyarakat sudah dilaksanakan baik melalui kegiatan temu pelanggan, sosialisasi, maupun kegiatan bertema yang melibatkan pelanggan dan masyarakat umum. Selain kegiatan tatap muka, aspek hubungan masyarakat juga dilakukan melalui saluran elektronik seperti radio, press rilis pada website, dan media cetak. Dari kesimpulan diatas diajukan beberapa saran sebagai berikut : 1. Untuk aspek periklanan, PLN UP3 Kebon Jeruk dapat memanfaatkan seluruh aset/ fasilitas yang ada seperti kendaraan dinas, ruang lobby, gedung kantor maupun gardu listrik. 2. Untuk aspek promosi penjualan, agar PLN UP3 Kebon Jeruk membuat lebih banyak lagi promosi dengan kemasan yang menarik sehingga SPLU akan semakin dikenal. 3. Untuk aspek hubungan masyarakat, PLN UP3 Kebon Jeruk harus menjaga hubungan baik yang telah terjalin dengan para stakeholder dan masyarakat.
Tidak tersedia versi lain