Skripsi
Pengembanagan Karier Pegawai Pada Biro Sumber Daya Manusia Dan Umum Lembaga Administrasi Negara
Penelitian tentang pengembangan karier pegawai pada Biro Sumber Daya Manusia dan Umum Lembaga Administrasi Negara merupakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif dan pengolahan data dengan 6 informan kunci melalui wawancara terstruktur serta dukungan telaahan dokumen. Berdasarkan analisis hasil penelitian secara umum pengembangan karier pada Biro SDM dan Umum telah dilakukan secara proporsional untuk semua pegawai serta disesuaikan dengan peta jabatan yang benar, dengan hasil penelitian per aspek sebagai berikut : 1. Aspek penaksiran kebutuhan karier. Biro Sumber Daya Manusia dan Umum Lembaga Administrasi Negara dalam pengembangan karier pegawai telah melakukan perkiraan karier yang disesuaikan dengan minat para pegawai, dalam melakukan perkiraan karier pegawai telah mendasarkan pada ketrampilan apa yang dimiliki oleh para pegawai, dan mengembangkan karier pegawai dengan perilaku dan etika yang sesuai dengan nilai-nilai IPIP (integritas, professional, inovatif dan peduli). 2. Aspek kesempatan karier. Biro Sumber Daya Manusia dan Umum Lembaga Administrasi Negara dalam pengembangan karier pegawai telah memberikan informasi adanya kesempatan karier kepada seluruh pegawai melalui media-media komunikasi dan media sosial, dalam seminar, rapat, workshop, sehingga informasi dapat disampaikan dengan jelas. Selain itu juga penyampaian melalui surat, forum-forum dan group sosial media seperti whatshap dan facebook. Namun demikian tingkat keseringan sosialisasi tentang pengembangan karier pegawai masih dirasakan kurang maksimal atau dengan kata lain masih ada pegawai yang sama sekali belum pernah mengikuti dan tidak mengetahui adanya pola karir pegawai dan juga peta jawaban ke depan yang dapat dicapai kariernya oleh pegawai tersebut. 3. Aspek Penyesuaian kebutuhan karier Penyesuaian rencana dan tujuan karier pegawai Biro Sumber Daya Manusia dan Umum Lembaga Administrasi Negara telah didasarkankan atas kebutuhan organisasi, peta karier dan roadmap sumber daya manusia apabila terjadi perubahan serta pengembangan organisasi Lembaga Administrasi Negara. Mutasi pegawai dan pelatihan pegawai merupakan pegembangan kompetensi pegawai dalam rangka adanya penyesuaian karier seorang pegawai. Penulis menyarankan agar pengembangan karier pada Biro SDM dan Umum dapat disosialisasi peta karier kepada semua pegawai, agar yang berminat dapat mempersiapkan diri sesuai dengan kompetensi yang dimiliki dan sejalan dengan program instansi. Saran : 1.Aspek Penaksiran Kebutuhan Karier Agar penaksiran kebutuhan karier tepat dan efektif perlu ada evaluasi atau feedback dari seluruh pegawai dan menjadi rekap yang continue bahkan bila dimungkinkan setiap tahun informasinya up todate sehingga tidak setiap tahun bagian SDM terus melakukan assesment-assesment yang nilai kemanfaatannya sampai sekarang belum nyata terlihat oleh pegawai. 2. Aspek Kesempatan Karier Agar kesempatan karier pegawai Biro SDM dan Umum Lembaga Administrasi Negara mendapatkan informasi dan perlakuan yang sama untuk mengikuti pengembangan kariernya, penulis menyarankan agar informasi yang bersifat top down dari pimpinan kepada bawahan diimbangi dengan kewenangan Bagian SDM untuk mengintervensi pegawainya bila dalam kurun waktu tertentu stag atau diam, baik karena informasi dari atasan kurang sampai atau memang pegawai itu sendiri yang kurang berkembang secara pribadi. 3. Aspek Penyusaian Kebutuhan Karier Agar penyesuaian kebutuhan karier terpenuhi, penulis menyarankan informasi tentang rencana dan program pelatihan pegawai di Lembaga Administrasi Negara tersampaikan ke seluruh pegawai. Dengan demikian pegawai bisa dengan mudah mengakses informasi program pelatihan tersebut serta bisa mendaftarkan diri sebagai calon peserta.
Tidak tersedia versi lain