Skripsi
Analisis Implementasi Kebijakan Penanganan Pengaduan Masyarakat Di Kementerian Sekretariat Negara
Pelayanan Penanganan Pengaduan Masyarakat di Kementerian Sekretariat Negara berawal dari PO BOX 9949 dan SMS 9949 dan sekarang menjadi Unit Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat, yang saat ini bertanggungjawab kepada Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan. Pelayanan penanganan pengaduan masyarakat di Kementerian Sekretariat Negara bersifat pelayanan kepada Presiden. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan penanganan pengaduan masyarakat' Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan model implementasi kebijakan Edward lll dan deskritif kualitatif, dimana variabel yang mempengaruhi implementasi dan kinerja kebijakan, terdiri dari: 1) komunikasi, 2) sumber daya, 3) disposisi, 4) struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukan implementasi kebijakan penanganan pengaduan masyarakat kepada Presiden: 1. Dari aspek komunikasi dalam proses penanganan pengaduan masyarakat, dalam kategori kurang baik. 2. Dari aspek sumber daya, sumber daya manusia sudah mencukupi, akan tetapi dari anggaran, fasilitas, dan kewenang kurang memadai' 3. Dari aspek disposisi baik itu pengangkatan birokrasi atau pemberitan insentif tidak ada. 4. Dari aspek Struktur organisasi dinilai sudah cukup baik. Adapun saran yang ingin peneliti sampaikan: 1. Perlu adanya Pedoman penelaahan surat pengaduan masyarakat dan sistem database yang baik. 2. Perlu Adanya pembagian tugas tambahan kepada para staf dan melakukan sharing computer dan printer. 3. Perlu adanya Kebijakan pimpinan dalam membeikan reward dan punishment.
Tidak tersedia versi lain