Skripsi
Kepuasan Kerja Pegawai Negeri Sipil Pada Satuan Administrasi Personel Detasemen Markas Di Markas Besar Tni Angkatan Laut
Dalam manajemen sumber daya manusia, setiap pegawai berperan aktif dalam memberikan kontribusi terhadap pencapaian tujuan organisasi. Peningkatan positif yang diberikan organisasi, berdampak pada keadaan pegawai sehingga kepuasan kerja tercapai. Hal ini sejalan dengan pandangan bahwa pegawai telah mendapatkan apa yang diharapkan. Sebaliknya pegawai yang dalam bekerja tidak merasakan kenyamanan, kurang dihargai dan tidak bisa mengembangkan segala potensi yang mereka miliki, maka secara otomatis pegawai tidak dapat fokus dan berkonsentrasi secara penuh terhadap pekerjaan yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada Satuan Administrasi Personel (Satminpers) Detasemen Markas (Denma) di Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan kerja PNS di Satminpers. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Aspek yang diteliti adalah: tantangan pekerjaan, kondisi pekerjaan, dan interaksi rekan kerja. Berdasarkan analisis hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa PNS pada Satminpers Denma di Mabesal secara umum sudah cukup puas dengan pekerjaan yang ada. Untuk lebih meningkatkan kepuasan kerja PNS pada Satminpers Denma di Mabesal, maka penulis mengusulkan sebagai berikut: 1. Untuk Aspek Tantangan Pekerjaan. Pimpinan agar melakukan rotasi pekerjaan kepada pegawai Satminpers yang masa kerjanya sudah lama untuk menghindari kejenuhan. Disamping itu, PNS agar diberikan tugas ke luar daerah misalnya ke Satminpers Koarmada Timur II Surabaya untuk menambah wawasan dan pengalaman kerja. 2. Untuk Aspek Kondisi Pekerjaan. Pimpinan perlu mendengarkan keluhan PNS melalui forum khusus atau melalui surat dari PNS langsung kepada pimpinan. Pimpinan juga perlu mengusulkan untuk membangun gedung baru, karena ruangan kerja Satminpers saat ini masih berada di basement sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi pegawai. Kalaupun tidak memungkinkan membangun gedung baru, organisasi agar merenovasi gedung yang ada sekarang dengan menambah fasilitas yang dapat meningkatkan kepuasan kerja PNS. 3. Untuk Aspek Interaksi Rekan Kerja. Pimpinan perlu menekankan kepada PNS akan pentingnya komunikasi, keterbukaan, tanggung jawab, dan integritas yang tinggi terhadap pencapaian atau target yang sudah ditetapkan. Selain itu, pimpinan agar berorientasi pada kepuasan PNS dengan memberikan motivasi yang tinggi bagi pegawai, misalnya organisasi bisa menyelenggarakan event khusus bagi PNS Satminpers seperti family gathering dan outbond.
Tidak tersedia versi lain