Buku
Metodologi Penelitian
Otonomi di bidang pendidikan memberikan kesempatan dan wewenang untuk melakukan berbagai kreativitas dan inovasi dalam melakukan pengembangan ilmu dan teknologi dalam berbagai sektor atau bidang ilmu. Difusi dan inovasi yang tepat, efektif dan efisien membutuhkan kajian yang bersifat teoritis dan praktis melalui penelitian. Penelitian akan memberikan deskripsi, eksplanasi, prediksi, inovasi dan juga dasar-dasar teoritis bagi pengembangan ilmu baik secara teoretis maupun praktis.rnrnBuku yang Anda baca ini dirancang secara sederhana agar bukan saja mudah dipahami tetapi juga mudah operasionalnya. Buku ini merupakan rujukan utama di dalam metodologi penelitian. Metodologi penelitian yang dipaparkan tidak hanya menghadirkan rekaman perkembangan juga pengembangan yang ada dalam wilayah metodologi penelitian. Di antara tema inti yang dihadirkan dalam buku ini adalah: 1. Ilmu Pengetahuan dan Kebenaran Ilmiah; 2. Menyusun Karya Tulis Ilmiah; Menyusun Proposal Penelitian; 3. Konsep Penelitian dan Studi Pendahuluan; 4. Berbagai Ragam Penelitian; Merumuskan Masalah Penelitian; 5. Bacaan, Referensi dan Manajemen Informasi; 6. Teori dan Variabel Penelitian; Populasi dan Teknik Sampling; 7. Skala Pengkuran; Pengumpulan Data Penelitian; 8. Penyebaran Kuesioner dan Pedoman Wawancara; 9. Penyusunan Instrumen Tes; Penyusunan Instrumen Tes; 10. Validitas Instrumen Tes; Reliabilitas Instrumen Tes; 11. Analisis Data dan Pengujian Hipotesis; 12. Pembimbingan Tugas Akhir; Structural Equation Modeling; 13. Etika Penelitian dan Plagiarisme; 14. Laporan Penelitian dan Presentasi.rnrnBuku ini sangat cocok digunakan sebagai referensi utama oleh mahasiswa, dosen, guru, tutor, fasilitator, birokrasi, praktisi, peneliti, widyaswara, pimpinan proyek, dan pengawas proyek. Dengan membaca buku ini, pembaca akan memperoleh wawasan tentang penelitian dari sudut pandang yang beragam.
Tidak tersedia versi lain