Skripsi
Formulasi Strategi Pada Koperasi Pegawai Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia
Kegiatan bisnis senantiasa harus diikuti dengan penyusunan rencana strategis yang solid, dalam rangka pencapaian keberhasilan perusahaan secara berkelanjutan. Banyak pengusaha yang sangat optimis dalam menjalan usahanya namun pada akhirnya mengalami kegagalan yang disebabkan tidak menyusun rencana strategis yang dapat membedakan dari pesaingnya. Tanpa memiliki dasar yang kuat untuk membedakan perusahaan dari pesaingnya, maka pengusaha hanya bisa berharap menjadi perusahaan dengan penguasaan pangsa pasar yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami Formulasi Strategi Koperasi Pegawai Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia dari aspek kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Yang menjadi konsep kunci dalam penelitian ini adalah formulasi strategi. Formulasi strategi adalah bentuk penyederhanaan situasi nyata menjadi bentuk matematis. Formulasi strategi melibatkan penetapan serangkaian tindakan yang tepat guna mencapai tujuan koperasi. Formulasi strategi ini meliputi pengembangan misi bisnis, analisa SWOT: mengidentifikasi peluang dan ancaman eksternal serta mengukur dan menetapkan kelemahan dan kekuatan internal dan menetapkan tujuan jangka panjang. viii Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan bersumber pada dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dari wawancara dan observasi, dan data sekunder dari telaah dokumen. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai adalah metode analisis data di lapangan model Miles dan Huberman, aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sehingga datanya sudah jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koperasi berada pada posisi strategi agresive ini berarti koperasi mempunyai peluang pada angka 1,24, kemudian resorse atau sumber daya yang dimiliki mampu untuk melaksanakan strategi yang ditunjukan pada posisi angka 1,47. Untuk itu penulis menyarankan 1. Promosi besar-besaran dalam rangka mengembangkan, meningkatkan jumlah customer, terutama dalam bidang usaha Simpan Pinjam, dalam bidang perdagangan perlu untuk bekerja sama dengan pihak luar, mencari tempat yang lebih strategis dan melengkapi barang dagangannya. Selanjutnya pada bidang jasa lebih diperluas sehingga seluruh lembaga kepresidenan dapat dikuasai koperasi dalam hal jasa kebersihannya. 2. Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan anggota perlu meningkatkan CSR terutama dalam bidang pendidikan dan menu sehat pada Kantin Sekretariat Negara.
Tidak tersedia versi lain