Skripsi
Persepsi Pegawai Biro Sumber Daya Manusia Terhadap Pengguna Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI)
Sebagai perwujudan dari penyelenggaraan e-government di lingkungan BPK salah satunya telah dikembangkan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM). SISDM ini dikembangkan dalam rangka untuk menunjang pelaksanaan reformasi birokrasi di bidang pengelolaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur di lingkungan BPK. Berdasarkan survei yang telah dilaksanakan oleh Direktorat Perencanaan Strategis Manajemen Kinerja pada tahun 2015 menunjukkan bahwa kemampuan pegawai dalam mengoperasikan aplikasi SISDM masih belum sesuai harapan. Karena secara ideal, semua pegawai di BPK terutama di Biro SDM dapat mengoperasikan SISDM dengan baik. Salah satu aspek yang berperan penting dalam meningkatkan kemampuan pegawai terkait dengan pengoperasian SISDM adalah persepsi pegawai terhadap SISDM itu sendiri. Persepsi berperan penting dalam membentuk motivasi, yang mendorong mereka untuk lebih tahu, bisa, dan menggunakan SISDM dalam pekerjaan mereka sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui persepsi pegawai Biro Sumber Daya Manusia terhadap penggunaan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia BPK. Variabel yang diteliti adalah kegunaan, kemudahan, sikap terhadap perilaku, minat perilaku, dan perilaku dan dijabarkan melalui masing-masing indikator. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan memakai survei karena berkaitan dengan pengukuran persepsi viii pegawai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 108 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dengan basis data dikuantifikasikan atau diangkakan kemudian dari hasil pengolahan data tersebut hasilnya akan akan dibuat dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, untuk selanjutnya diinterpretasikan berdasarkan data yang ada dan akhirnya mengukur persepsi pegawai terhadap penggunaan sistem informasi sumber daya manusia. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa persepsi yang baik pada aspek kegunaan, kemudahan, sikap, minat dan perilaku menunjukkan nilai rata-rata setuju. Di samping itu pegawai berharap bahwa SISDM dapat menunjang seluruh proses bisnis pekerjaan, serta tampilan (interface) yang disederhanakan yaitu dengan mengurangi informasi yang tidak perlu sehingga dalam penggunaan tidak membingungkan pegawai. Dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan persepsi pegawai Biro Sumber Daya Manusia terhadap penggunaan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia di Badan Pemeriksa Keuangan telah menunjukkan nilai yang baik yang ditunjukkan melalui kegunaan yang menunjukkan nilai rata-rata 3,92, kemudahan yang menunjukkan nilai rata-rata 3,92, sikap terhadap perilaku yang menunjukkan nilai rata-rata 3,89, minat yang menunjukkan nilai rata-rata 3,95 dan perilaku yang menunjukkan nilai rata-rata 3,94. Untuk itu penulis menyarankan agar Biro Sumber Daya Manusia lebih cermat dalam mengidentifikasi kebutuhan pengguna (user requirement) terhadap modulmodul SISDM, pengaturan kembali fitur dan menu yang sering digunakan oleh pegawai, menjaga ketelitian dalam proses penginputan data ke dalam SISDM, mengubah alur kerja fitur menjadi lebih sederhana, serta penyederhanaan tampilan (interface) berupa pengaturan ulang susunan dan menghilangkan hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.
Tidak tersedia versi lain