Skripsi
Evaluasi Diklat Internal Pengadaan Barang Dan Jasa Bagi Pegawai Pengelola Di Rumah Sakit Anak Dan Bunda Harapan Kita
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai bagaimana Evaluasi Diklat Internal Pengadaan Barang dan Jasa Bagi Pegawai Pengelola di RSAB Harapan Kita dengan melihat aspek reaksi, proses belajar, prilaku dan hasil. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan telaah dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan telaahan dokumen Hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa Evaluasi Diklat Internal Pengadaan Barang dan Jasa Bagi Pegawai Pengelola di RSAB Harapan Kita secara umum telah berjalan dengan baik. Berikut penjabaran kesimpulan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan : 1. Aspek Reaksi Berdasarkan analisis hasil penelitian evaluasi diklat internal pengadaan barang dan jasa di Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita mendapat respon yang baik, bersemangat untuk mengikuti diklat pengadaan barang dan jasa yang diadakan. 2. Aspek Proses Belajar Diklat Internal pengadaan barang dan jasa bagi pegawai pengelola di RSAB Harapan Kita telah didukung dengan baik dari bahan viii pembelajaran, alat belajar, fasilitas diklat cukup baik dan memadai sehingga peserta sangat senang selama mengikuti diklat tersebut. 3. Aspek Perilaku Setelah selesai mengikuti diklat perilaku pegawai belum ada perkembangan yang signifikan dikarenakan belum memiliki pemahaman yang baik tentang pengadaan barang dan jasa, dan materi yang diberikan bersifat materi umum sehingga belum menyentuh perubahan perilaku seperti yang diharapkan. 4. Aspek hasil Tindak lanjut manajemen di RSAB Harapan Kita dari selesainya diklat pengadaan barang dan jasa yakni adanya evaluasi pasca diklat (program, penyelenggara dan sasaran diklat) serta kejelasan bahwa bagi pegawai yang telah lulus diklat pengadaan barang dan jasa akan dikeluarkan surat keputusan yang bersifat fixed atau tetap menjadi anggota pegawai/pejabat pengadan barang dan jasa rumah sakit. Adapun hambatan penerapan hasil diklat antara lain adalah masih adanya peserta yang lulus ujian tetapi tidak terlalu banyak terlibat dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa, masih ditemui peserta yang kurang paham dalam mengikuti diklat pengadaan barang dan jasa di RSAB Harapan Kita, dan jumlah peserta yang lulus ujian sangat sedikit. Adapun saran penulis berdasarkan masing-masing aspek sebagai berikut: 1. Aspek Reaksi Agar pihak manajemen mengutamakan pegawai atau karyawan yang berasal dari unit pengelola barjas, yakni bagian rumah tangga untuk menjadi wajib mengikiuti diklat pengadaan barang dan jasa , sehingga didapat pegawai yang bersemangat dan sesuai dengan pekerjaan ix sehari-hari (aspek evaluasi reaksi belajar pada diklat pengadaan barang dan jasa di RSAB Harapan Kita). 2. Aspek Proses Belajar Diklat internal pengadaan barang dan jasa telah didukung oleh sarana dan prasarana seperti bahan pembelajaran, alat belajar, faslitas diklat cukup baik dan perlu dipertahankan. 3. Aspek Prilaku Manajemen RSAB Harapan Kita melakukan pemantauan terhadap individu atau pegawai yang telah mengikuti diklat pengadaan barang dan jasa, agar ditempatkan di unit layanan pengadaan barang dan jasa. 4. Aspek Hasil Manajemen RSAB Harapan Kita perlu melakukan evaluasi pasca diklat secara berkesinambungan baik dari sisi peserta, penyeleggara, pengajar dan dukungan fasilitas diklat agar diketahui kelebihan serta kekurangan dari pelaksanaan sebelumnya. Selanjutnya membuat laporan ke bagian personalia sebagai telaahan rencana pengembangan SDM dan kebutuhan diklat selanjutnya
Tidak tersedia versi lain