Skripsi
Penerapan Manajemen Bisnis Di Rumah Sakit Pusat Pertamina
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui penerapanmanajemen bisnis di Rumah Sakit Pusat Pertamina dengan meneliti 3(tiga)aspek yaitu 1) Legal, 2) Pemasaran dan 3) Humas. Penelitiandilakukanmenggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkanteknikpengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggabungkanteknikwawancara dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ManajemenBisnisdi Rumah Sakit Pusat Pertamina memang dapat dikatakan belumoptimal terkait belum tercapainya target kerja yang telah ditetapkan. Penyatuantigafungsi yaitu Legal, Pemasaran dan Humas dalamstruktur organisasi Manajemen Bisnis hingga saat ini masih dirasakan relevan dan efektif, baikdari sisi birokrasi maupun koordinasi. Hasil penelitian berdasarkan ketiga aspek sebagai berikut : 1. Dari aspek Legal, target memenuhi regulasi Pemerintah danregulasi internal yang bersifat mandatory selalu mencapai target namuntarget pencapaiannya belum tertera dalam pencapaian programkerjaManajemen Bisnis sedangkan target monitoring jatuh tempo PerjanjianKerjasama belum tercapai. 2. Dari aspek Pemasaran, target kerja belum tercapai terutamaterkait peningkatan utilisasi alat investasi – pembuatan produk denganpenyebab kurangnya personil 3. Dari aspek Humas, target kerja memenuhi regulasi Pemerintahbelumkonsisten terkait pemberian informasi dan edukasi kesehatankepadamasyarakat karena belum dilakukan penjadwalan secara teratur Adapun saran yang ingin peneliti sampaikan : 1. Manajemen Rumah Sakit Pusat Pertamina hendaknyadapat memenuhi numeric kekurangan sumber daya manusia di fungsi Legal, dan untuk Pengawas Legal agar dapat memanfaatkan saranapadaSIM RSPP terkait alert jatuh tempo perjanjian kerjasamasertamengukur pencapaian target kerja dan mencantumkan dalamrealisasi program kerja secara tertulis. 2. Manajemen Rumah Sakit Pusat Pertamina hendaknya memberikanprioritas utama untuk penambahan sumber daya manusiadi fungsi Pemasaran agar pencapaian target kerja dapat dipenuhi danuntukPengawas Pemasaran hendaknya melakukan pengukuran pencapaian vii target kerja serta mencantumkan dalam realisasi programkerjasecaratertulis 3. Manajemen Rumah Sakit Pusat Pertamina mempertimbangkanuntukpenambahan personil di fungsi Humas untuk memperlancar tugaspemenuhan regulasi Pemerintah. Untuk fungsi Humas disarankanagar membuat jadwal pemberian informasi kesehatan secarateraturdan mematuhi jadwal tersebut secara konsisten
Tidak tersedia versi lain