PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Faktor-Faktor Layanan Penanganan Keluhan Internal Bagian Rumah Tangga Pada Badan Pusat Statistik

Ii Hayyun Nurul Islam - Nama Orang; Neneng Sri Rahayu - Nama Orang;

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan keluhan internal yang dilakukan oleh Bagian Rumah Tangga pada Badan Pusat Statistik. Bagian Rumah Tangga mempunyai tugas melaksanakan urusan dalam, pemeliharaan kantor, pemeliharaan perlengkapan, keamanan, dan ketertiban. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Peneliti mengkaji sejauhmana pelaksanaan pelayanan prima di Bagian Rumah Tangga BPS ditinjau dari 5 faktor pelayanan publik, yakni: (1) Faktor kesadaran pegawai, (2) Faktor adanya aturan, (3) Faktor organisasi, (4) Faktor kemampuan dan ketrampilan, dan (5) Faktor sarana pelayanan. Hasil penelitian terhadap pelaksanaan pelayanan prima yang ditinjau dari 5 faktor pelayanan publik, yakni kesadaran pegawai, adanya aturan, faktor organisasi, kemampuan dan ketrampilan, dan sarana pelayanan diperoleh kesimpulan bahwa pelayanan prima di Bagian Rumah Tangga BPS belum maksimal dilaksanakan. Selanjutnya berdasarkan fokus yang diteliti, dikemukakan saran sebagai berikut : 1) Perlu dipertegas lagi disiplin atau aturan kewajiban pemakaian seragam bagi seluruh petugas layanan tanpa terkecuali. 2) Perlu dibuat dan pasang poster atau gambar alur pelayanan pada tempat yang mudah dilihat. Sehingga menjadi panduan menjadi standar baku pelayanan. 3) Meski faktor organisasi memang telah berjalan cukup baik dan terstruktur, ada baiknya motto Senyum, Sapa, dan Sambangi di tempel di ruang publik sebagai media promosi dan pengingat. 4) Perlu penambahan petugas di bagian penerimaan tamu dan pegawai yang mempunyai kemampuan teknis, dengan cara memberdayakan pegawai lainnya yang memang sudah ada dan belum optimal, diberikan pelatihan dasar teknis terlebih dahulu tentunya, dan atau dengan cara memberikan kesempatan magang/ praktek kerja lapangan kepada siswa/mahasiswa berspesifikasi pendidikan teknis secara lebih sering dan panjang durasinya, sehingga masalah terbatasnya staf teknis pelayanan teratasi. 5) Perlu penambahan sarana prasarana utama seperti, penambahan jumlah kursi tamu diruang tunggu, dan perlu disediakan air minum, juga dipasang/disediakan media informasi seperti televisi dan koran/majalah, untuk menghalau kejenuhan bagi tamu selama viii proses pelayanan berlangsung, sehingga pelayanan prima dapat berjalan secara lebih optimal. Kata kunci : Faktor-Faktor, Layanan, Penanganan Keluhan, Keluhan Internal, Pelayanan Prima.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta (Skripsi 2019 (Gdg)) 059 SMSDM 2019
059512019
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
059 SMSDM 2019
Penerbit
Jakarta : STIA LAN., 2019
Deskripsi Fisik
119 hlm. : 28 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
NPM 1728130147
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi 2019
Info Detail Spesifik
SC
Pernyataan Tanggungjawab
Iis Hayyun Nurul Islam
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?