Skripsi
Bauran Pemasaran Pembiayaan Griya Berkah Di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jakarta Pasar Minggu
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bauran pemasaran produk Pembiayan Griya Berkah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jakarta Pasar Minggu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui telaah dokumen dan wawancara dengan key informant. Dalam penelitian ini penulis meneliti aspek-aspek bauran pemasaran, yaitu Aspek Produk dan Aspek Harga. Penulis menilai kedua aspek tersebut lebih dominan dan lebih relevan dengan apa yang penulis teliti. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut : 1. Bauran pemasaran produk Pembiayaan Griya sudah berjalan dengan baik, terlihat dalam laporan keuangan di tahun 2017-2018 segmen pembiayaan konsumer menyumbangkan kontribusi yang lebih besar dibanding segmen pembiayaan lain. Pencapaian secara umum tersebut haruslah merupakan akumulasi prestasi-prestasi di Cabang-cabang Bank Syariah Mandiri di seluruh Indonesia sehingga menjadi prestasi bersama seluruh insan Bank Mandiri Syariah. 2. Pengembangan produk Pembiayaan Griya yang telah dilakukan pada tahun 2017- 2018 adalah sebagai berikut: iv a) Pengembangan partner strategis yaitu Developer dan Agen Penjual dengan dibuatkan variasi produk khusus bagi Developer dan Agen Penjual yang telah bekerjasama. b) Intensifikasi kerjasama dengan pihak developer dengan tujuan agar Perjanjian Kerjasa Sama (PKS) antara BSM dengan Developer yang sudah ada dapat terserap secara maksimal. Developer yang terpilih mendapatkan insentif berupa prioritas pemrosesan dengan data awal yang lebih ringkas dibanding pengajuan reguler. c) Intensifikasi kerjasama dengan pihak Agen Penjual yang sudah menjadi rekanan Bank Syariah Mandiri juga dilakukan khususnya bagi cabang yang belum memiliki rekanan dengan pihak Developer. Adapun insetif yang diberikan kepada pihak Agen Penjuak adalah menaikan fee refferal yang sebelumnya sebesar 0,5% menjadi 1%, sehingga jumlah aplikasi masuk yang berasal dari pihak Agen Penjual bertambah banyak dan juga dengan kualitas yang baik. d) Customer Get Customer merupakan sebuah program yang ditujukan khusus kepada nasabah pembiayaan Griya Berkah yang dapat memberikan referensi nasabah kepada Bank Syariah Mandiri. Adapun keuntungan yang nasabah dapatkan ialah mendapatkan fee refferal. e) Pengembangan produk Griya Hijrah dimana produk terbarunya lebih memberikan kemudahan kepada calon nasabah yang rumah yang bertujuan untuk memindahkan fasiitas pembiayaan di Bank sebelumnya ke Bank Syariah Mandiri dengan memberikan keringanan biaya di awal yang tidak dilakukan oleh Bank lain pada umumnya. v 3. Kualitas pembiayaan Griya Berkah di Bank Syariah Mandiri hingga Juni 2019 masih sangat baik dengan prosentase Kolektibilitas 2 dan Non Performing Finance sebesar 0% 4. Besar margin pada produk Pembiayaan Griya Berkah sudah sangat bersaing dan ini terbukti bahwa Produk Griya Berkah menjadi Juara Pertama Digital Brand KPR Bank Umum Syariah yang diselenggarkaan oleh Infobank bekerjasama dengan Isentia Riset. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka penulis memberikan beberapa saran sebagai berikut: 1. Ditinjau dari aspek Produk , sebagai pertimbangan untuk selanjutnya pembuatan program-program atau perubahan fitur produk agar dibuatkan dalam skala yang tidak terlalu luas penerapannya misalkan skala regional atau area sehingga dapat lebih sesuai dan adaptif dengan potensi yang ada. 2. Ditinjau dari aspek Harga, keunggulan dari harga (margin) pembiayaan Griya Berkah yang lebih kompetitif haruslah dapat dimanfaatkan dengan maksimal serta disebarkan dengan luas kepada masyarakat sekitar. Dengan harapan lebih banyak mengetahui kebijakan tersebut untuk dapat dimanfaatkan oleh calon nasabah yang akan melakukan pembelian rumah secara non tunai.
Tidak tersedia versi lain