Skripsi
Penerapan Kepemimpinan Pada Direktorat Progam dan Pengembangan Pendidikan Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas RI)
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui Peranan Kepemimpinan di Direktorat Program dan Pengembangan Pendidikan Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI. Pertanyaan penelitian yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana peranan kepemimpinan Direktorat Program dan Pengembangan Pendidikan Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI ditinjau dari aspek interpersonal, aspek informasional dan aspek pengambilan keputusan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada 5 (lima) orang key informant dan melakukan telaah dokumen yang dimaksudkan untuk memperkaya hasil penelitian. Analisa data dilakukan bersamaan dengan diadakannya pengumpulan data, telaah dokumen dan pengambilan kesimpulan serta dinterpretasikan secara logis dan obyektif terhadap masing-masing aspek. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Peranan Kepemimpinan di Direktorat Program dan Pengembangan Pendidikan Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI ditinjau dari aspek peranan yang bersifat interpersonal dapat dikatakan belum optimal memainkan peranannya sebagai wakil organisasi dan sebagai penggerak. 2. Peranan Kepemimpinan di Direktorat Program dan Pengembangan Pendidikan Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI ditinjau dari aspek peranan yang bersifat iinformasional dapat dikatakan belum optimal memainkan peranannya sebagai pemberi informasi. viii 3. Peranan Kepemimpinan di Direktorat Program dan Pengembangan Pendidikan Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI ditinjau dari aspek sebagai pengambil keputusan dapat dikatakan belum optimal memainkan peranannya sebagai pengelola. Dengan Mencermati hasil penelitian tersebut, beberapa saran bagi Direktorat Program dan Pengembangan Pendidikan Debiddikpimkatnas Lemhannas RI, sebagai berikut : 1. Perlu lebih digiatkan kembali pendekatan-pendekatan yang bersifat non formal (komunikasi dua arah kepada staf diwaktu senggang maupun direncanakan dalam bentuk refresing day), yang lebih santai namun tetap memiliki misi memotivasi, hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan perintah secara jelas sesuai uraian pekerjaan (job description) masing-masing staf serta menekankan pentingnya kepatuhan terhadap sistem dan prosedur yang ada untuk mengoptimalkan program pendidikan yang akan dilaksanakan. 2. Dalam peran informasional perlu dilakukan : a. Mengumpulkan para Staf untuk setiap dinamika yang terjadi dilapangan untuk menyampaikan perkembangan situasi dan arahan pimpinan terbaru sesuai petunjuk pimpinan, agar pimpinan dapat mengontrol kinerja staf. b. Dibuatkan pedoman pembuatan perangkat kendali pendidikan, untuk menyamakan persepsi para Tenaga Pengajar (Stake Holder) dalam penyusunan Rangka Pelajaran Pokok (RPP). c. Pengintegrasian IT dalam proses penyelengaraan program pendidikan di Kedeputian Pendidikan Lemhannas RI. 3. Perlu diadakan evaluasi diakhir penyelenggaraan pendidikan dan mengadakan konsolidasi terhadap peningkatan kapasitas tenaga kependidikan (Tenaga Pengajar dan Staf) terhadap penyelenggaraan program pendidikan yang akan datang. Kata kunci: Pemimpin, Peran Kepemimpinan.
Tidak tersedia versi lain