Skripsi
Pengembangan Kompentensi Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Dinas Pendidikan Angkatan (Disdikal) Development of Competencies of Civil Service (Disdika)
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana Pengembangan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Disdikal ditinjau dari aspek pengetahuan (Knowledge), aspek keterampilan (Skill) dan aspek minat (Interest). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Pengembangan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Disdikal sebagai berikut : 1. Aspek Pengetahuan (Knowledge) Aspek Pengetahuan yang dimiliki Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Disdikal baik dari segi pengetahuan formal maupun nonformal masih belum optimal, masih ada Pegawai Negeri Sipil yang di anggap kurang profesional, karena belum memiliki pengetahuan yang memadai untuk mendukung tugas dan tanggung jawab bekerja sesuai dengan kompetensinya. iii 2. Aspek Keterampilan (Skill) Aspek Keterampilan yang dimiliki Pegawai Negeri Sipil Disdikal belum optimal, seperti keterampilan di bidang tata minu, surat menyurat atau administrasi, kearsipan, agenda dan kesekretariatan. Seiring dengan perkembangan teknologi revolusi industri 4.0 yang membutuhkan pelayanan cepat, tepat, profesional dan berbasis digital serta guna mendukung tugas dan fungsi Disdikal, maka keterampilan di bidang IT atau teknologi informasi masih perlu ditingkatkan karena masih ada Pegawai Negeri Sipil yang belum mahir dalam mengoperasikan komputer, scaner, faximile serta program-program aplikasi lainnya. 3. Aspek Minat (Interest) Aspek minat bekerja, Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Disdikal belum optimal dalam tugas dan tanggung jawab bekerja sehari-hari, hanya menjalankan perintah yang sifatnya rutinitas, hal ini disebabkan karena adanya penempatan jabatan yang belum sesuai dengan kompetensinya serta kurang percaya diri terhadap pekerjaannya sehingga menghambat kinerjanya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka penulis memberikan beberapa saran sebagai berikut . iv 1. Aspek Pengetahuan (Knowledge) a. Perlu diberi kesempatan kepada PNS di lingkungan Disdikal untuk mengikuti pendidikan formal dengan cara mengikutkan pendidikan kejenjang perguruan tinggi. b. Perlunya diberi kesempatan mengikuti pendidikan nonformal dengan cara mengikutkan Diklatpim c. Perlu diberi kesempatan mengikuti kursus Bahasa Inggris seperti DIBI, KIBI, sesuai dengan kompetensinya 2. Aspek Keterampilan (Skill) a. Perlu pembekalan teknis terkait system kerja yang menggunakan sarana teknologi informasi yang berbasis digitalisasi b. Perlu pembekalan keterampilan seperti kursus operator komputer, penguasaan mesin scaner, faximile. 3. Aspek Minat (Interest) a. Perlu diberi motivasi berupa kesejahteraan, rekreasi, komunikasi antar pimpinan dengan bawahan. b. Perlu diberi jabatan yang sesuai dengan kompetensinya. c. Perlu diberi reward baik berupa materi maupun imateri bagi PNS yang berprestasi dalam kinerjanya.
Tidak tersedia versi lain