Skripsi
Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Kopenos Mart Pada Koperasi Pegawai Negeri Pusat Penilitian Oseanograt (KOPENOS) - LIPI
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Strategi Promosi dalam meningkatkan penjualan produk Kopenos Mart pada Kopenos LIPI. Aspek yang akan diteliti meliputi aspek Periklanan (Advertising), Penjualan Pribadi (Personal Selling), Promosi Penjualan (Sales Promotion), dan Publisitas (Publicity). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Aspek Periklanan (Advertising) kegiatan periklanan yang dilakukan kurang optimal hal ini dibuktikan dengan kegiatan periklanan yang dilakukan hanya mengandalkan media luar ruangan atau gedung seperti spanduk, standing banner, serta papan nama neon box acrylic. 2. Aspek Penjualan Pribadi (Personal Selling) kegiatan penjualan pribadi, kegiatan penjualan pribadi sudah dilakukan namun kurang optimall, hal ini dapat dibuktikan dengan kegiatan penjualan pribadi atau presentasi mengenai produk yang akan dijual, oleh wiraniaga toko kepada konsumen jarang dilakukan. 3. Aspek Promosi Penjualan (Sales Promotion) kegiatan promosi penjualan sudah cukup baik hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa bentuk program insentif yang diberikan kepada para konsumen dalam bentuk : cash back, diskon, viii kupon, voucher serta bentuk insentif lainnya seperti program beli 2 gratis 1 untuk beberapa item produk tertentu. 4. Aspek Pubisitas (Publicity) kegiatan publisitas, proses publisitas sudah dilakukan namun belum optimal, hal ini dibuktikan dengan proses publisitas yang dilakukan hanya berupa penyebaran brosur, leaflet katalog produk serta even atau program bazar tahunan. Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis menyarankan : 1. Proses periklanan (advertising) mulai beralih menggunakan serta memanfaatkan media elektronik berbayar yang minim biaya seperti pemasangan iklan dengan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram. 2. Penambahan jumlah wiraniaga atau perekrutan sales promotion boy / girl (SPG/SPB) toko yang bertugas untuk melakukan presentasi atau prospek mengenai produk - produk yang tersedia kepada para konsumen dalam proses penjualan pribadi pada Kopenos Mart. 3. Peningkatan berbagai macam bentuk insentif kepada para konsumen seperti kontes, tawaran atau garansi belanja gratis apabila kasir tidak memberikan struk pembayaran atau undian berhadiah langsung. 4. Menyelenggarakan bazar atau pameran per 3 (tiga) bulan dengan skala besar bekerjasama dengan pihak Omi atau Indogrosir sebagai pihak Franchisor, di areal sekitar toko maupun ditempat rekreasi yang menjadi tempat keramaian, dengan mengundang media massa untuk meliput dan mengekpos kegiatan tersebut
Tidak tersedia versi lain