Skripsi
Pelayanan Kesehatan Divisi Pelayanan Kesehatan Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia
Pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh Divisi Pelayanan Kesehatan – Yayasan Kesejahteraan karyawan Bank Indonesia (DPK – YKKBI) merupakan salah satu tugas yang dipercayakan dan diberikan oleh Bank Indonesia untuk mengelola kesehatan Anggota Dewan Gubernur, pegawai dan keluarga Bank Indonesia yang mengacu kepada 5 aspek pelayanan yang diberikan yaitu Tangibles, Reability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui bagaimana pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Divisi Pelayanan Kesehatan – Yayasan kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia (DPK – YKKBI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara kepada key informant. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Divisi Pelayanan Kesehatan – Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia mencakup 5 (lima) aspek pelayanan sudah dilaksanakan dengan baik. Adapun kekurangan yang dimiliki oleh DPK – YKKBI adalah keterbatasan jam operasional pelayanan di jam kerja yaitu dari jam 08.00 s.d 16.15 WIB dengan libur di hari sabtu dan minggu. Selanjutnya sistem informasi yang masih tertinggal dibandingkan dengan competitor dan belum mengikuti perkembangan jaman serta administrasi yang masih menggunakansistem manual sehingga kebutuhan data yang diperlukan oleh Departemen SUmber Daya Manusia Bank Indonesia membutuhkan waktu yang tidak sedikit dalam penyampaiannya. Selaras dengan kesimpulan di atas, terdapat saran yang dapat dijakdikan masukan bagi penyempurnaan dalam pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh DPK – YKKBI yaitu : 1. Disarankan kepada DPK – YKKBI untuk tetap mempertahankan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan dan bekerjasama dengan pihak ketiga yaitu TPA (Third Party Administration) untuk mengurangi beban administrasi yang masih manual dan beralih ke sistem penggunaan kartu untuk melakukan pengobatan di DPK – YKKBI ataupun layanan kesehatan yang bekerjasama dengan DPK – YKKBI. 2. Disarankan untuk melakukan upgrade teknologi sistem informasi untuk menunjang pelayanan data yang dibutuhkan oleh Bank Indonesia. 3. Disarankan untuk mulai memasuki focus profit oriented dan mengembangkan bisnis pelayanan kesehatan tidak hanya bagi Bank Indonesia tetapi juga pihak lain untuk memperluas jaringan dan keuntungan bagi DPK – YKKBI.
Tidak tersedia versi lain