Skripsi
Kualitas Pelayanan Bus Trans Jakarta Di Koridor IX ( Pinang Ranti-Pluit)
Penelitian ini membahas mengenai kualitas pelayanan bus transjakarta di koridor IX (Pinang Ranti-Pluit). Dimana dalam melayani penumpang masih terdapat kendala-kendala yang membuat para penumpang bus transjakarta kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan. Seperti masih buruknya armada fisik yang digunakan, tidak sterilnya jalur bus transjakarta yang dilalui, masih terjadinya pencopetan dan pelecehan seksual serta jarak kedatangan bus yang tidak stabil.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan bus transjakarta di koridor IX dilihat dari aspek keamanan, aspek keselamatan dan aspek kenyamanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kualitas pelayanan dikoridor IX dilihat dari aspek keamanan, keselamatan dan kenyamanan sudah cukup baik jika dibandingkan dengan pelayanan angkutan umum lainnya, pelayanan yang dilengkapi dengan petugas disetiap bus dan sarana dan prasarana yang diberikan penyedia kepada masyarakat pengguna bus transjakarta sudah cukup baik, sesuai dan memenuhi persyaratan yang ada. Namun, masih terdapat kekurangan– kekurangan yang muncul dalam pelaksanaan pelayanan, yaitu pada aspek keamanan, dimana masih adanya penumpang yang masih kecopetan didalam bus. Kemudian aspek keselamatan, kualitas sarana dan prasana didalam bus transjakarta belum sepenuhnya dilengkapi perlengkapan keamanan, seperti palu yang dan tabung oksigen, dan dari aspek kenyamanan masih ada ditemukan kerusakan pada bus diantaranya pintunya tidak bias ditutup dengan sempurna dan didalam halte bus pintu otomatis masih ada yang tidak berfungsi dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, perlu adanya perbaikan sarana dan prasarana untuk meningkatkan keamanan, keselamatan dan kenyamanan didalam bus dan didalam halte bus transjakarta.
Tidak tersedia versi lain