Skripsi
Peran Sekretaris Pimpinan Pada Badan Standardisasi Nasional
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sekretaris pimpinan dalam memperlancar tugas pimpinan pada Badan Standardisasi Nasional. Aspek-aspek yang diteliti yaitu meliputi peran strategis, peran teknis dan peran pendukung. Ketiga aspek tersebut diteliti dengan sub aspek performansi organisasi, penyampaian informasi, dan pendistribusian informasi kepada pihak lain. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara yang dilakukan terhadap beberapa orang key informant serta menggunakan telaah dokumen. Temuan-temuan yang penulis dapatkan setelah melakukan penelitian yaitu pertama dari aspek peran strategis, masalah-masalah yang terjadi antara lain, Pertama ditinjau dari aspek peran strategis, ditemukan beberapa masalah antara lain dalam hal pekerjaan sehari-hari, sekretaris masih terfokus pada pekerjaan administrasi saja, sekretaris masih kurang dalam hal menunjang kelancaran pekerjaan pimpinan seperti pembuatan presentasi, pidato maupun beberapa tugas teknis lainnya. Kedua ditinjau dari aspek peran teknis, permasalahan yang terjadi antara lain dalam hal penyampaian informasi kepada pimpinan kurang lengkap tanpa disertai dengan dokumen-dokumen pendukung. Ketiga ditinjau dari aspek peran pendukung, permasalahan yang ditemukan antara lain alat komunikasi dan alat pendukung pekerjaan lainnya masih kurang memadai. Dari hasil penelitian yang telah dikemukakan di atas, penulis memberikan saran-saran sebagai berikut: 1. Aspek Peran Strategis Mengingat peran seorang sekretaris pimpinan sangatlah penting, maka sekretaris pimpinan haruslah memiliki dasar atau latar belakang pendidikan kesekretarisan, maka penulis menyarankan agar para sekretaris diberikan pengetahuan baik melalui pelatihan maupun workshop secara berkala seperti pelatihan kepribadian, pelatihan tata naskah dinas dan sebagainya. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja sekretaris pimpinan dalam memperlancar pekerjaan pimpinan. 2. Aspek Peran Teknis Penulis menyarankan agar para sekretaris dapat lebih teliti dan lebih rinci lagi terkait penyampaian informasi terhadap pimpinan. Sekretaris harus cepat tanggap dan memiliki data dukung yang lengkap apabila menyampaikan informasi kepada pimpinan agar terjalin kepercayaan antara pimpinan dengan sekretaris sehingga memperlancar tugas pimpinan. 3. Aspek Peran Pendukung Alat komunikasi yang ada di Badan Standardisasi Nasional sudah tersedia, namun masih belum mencukupi seperti halnya mesin fotokopi dan mesin faks, selain hal tersebut kualitas alat komunikasi pun perlu diberikan perawatan secara berkala. Sedangkan terkait komunikasi via aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE), dibutuhkan komitmen antara pimpinan dan sekretaris terkait penggunaan aplikasi TNDE tersebut.
Tidak tersedia versi lain