PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Upaya-Upaya Promosi Konsumsi Ikan Tahun 2014-2015 Oleh Direktorat Akses Pasar Dan Promosi Kementerian Kelautan Dan Perikanan

Muchamad Rizka Pahlefi - Nama Orang; Agoes Inarto - Nama Orang;

Ikan merupakan salah satu sumber pangan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Berhubung belum meratanya minat mengkonsumsi ikan pada masyarakat, maka dibutuhkan upaya-upaya promosi untuk dapat memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait manfaat dan kandungan gizi yang ada pada ikan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Upaya-upaya Promosi Konsumsi Ikan Tahun 2014-2015 Oleh Direktorat Akses Pasar dan Promosi Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan aspek-aspek: periklanan, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan, metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari: pedoman wawancara dan pedoman penelaahan dokumen. Berdasarkan penelitian terhadap upaya-upaya promosi konsumsi ikan tahun 2014-2015 oleh Direktorat Akses Pasar dan Promosi, dapat ditarik kesimpulan umum, bahwa upaya-upaya promosinya sudah baik. Hal itu dibuktikan dengan (1) aspek periklanan, yang dilakukan melalui: (a) media elektronik menggunakan bentuk- bentuk talkshow untuk media televisi dan radio sedangkan untuk media online membuat iklan layanan masyarakat yang dipasang di portal berita online; (b) media cetak, yang dilakukan melalui koran; dan (c) media luar ruang menggunakan bentuk- bentuk penayangan iklan layanan masyarakat, di Bandara dan Commuter Line; (2) viii aspek promosi penjualan, yang dilakukan melalui: pameran (expo), mengadakan bazaar, dan mengikuti bazaar yang diselenggarakan oleh instansi/lembaga lain dan oleh mitra-mitra Gemarikan; serta (3) aspek hubungan masyarakat, yang dilakukan melalui: safari peningkatan konsumsi ikan, festival perikanan nusantara dan kerjasama dengan instansi dan pihak-pihak terkait antara lain instansi pemerintah, pemerintah daerah, pihak swasta dan organisasi massa. Upaya-upaya promosi tersebut telah memberikan dampak dengan adanya tren peningkatan konsumsi ikan di Indonesia tahun 2014 sebesar 38,14 kg/kapita menjadi 41,11 kg/kapita pada tahun 2015 dengan pertumbuhan sebesar 7,79%. Walaupun begitu, dalam upaya-upaya promosi tersebut masih terdapat beberapa kekurangan, sehingga penulis memberikan saran-saran: (1) aspek periklanan, intensitas promosi yang dilakukan masih sedikit dan jarang, karena membutuhkan anggaran yang besar untuk periklanan, disarankan untuk dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan, dengan melakukan kerja sama kepada pihak-pihak pengelola: televisi, radio, internet, koran, majalah, tabloid, media promosi luar ruang, dan iklan layanan masyarakat; (2) aspek promosi penjualan, intensitas promosi yang dilakukan masih belum sering dan relatif sedikit, untuk itu disarankan agar lebih memperbanyak kegiatan-kegiatan yang dapat memfasilitasi para pelaku usaha seperti bazaar dan pameran-pameran untuk para pelaku usaha, khususnya di bidang pengolahan dan pemasaran hasil perikanan; serta (3) aspek hubungan masyarakat, yang dilakukan belum terfokus kepada daerah-daerah dengan angka konsumsi ikan yang masih rendah, disarankan untuk lebih mengintensifkan kerjasama-kerjasama dengan instansi terkait, lembaga-lembaga, organisasi kemasyarakatan dan ritel modern dan untuk lebih memfokuskan kegiatan di daerah dengan angka konsumsi ikan yang masih rendah.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta (Skripsi 2016 (Gdg)) 145 S MPP 2016
145512016
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
145 S MPP 2016
Penerbit
Jakarta : STIA LAN., 2016
Deskripsi Fisik
118 hlm. : 28 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
NPM 1021000271
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi 2016
Info Detail Spesifik
SC
Pernyataan Tanggungjawab
Muchamad Rizka Pahlefi
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?