Skripsi
Pelaksanaan Pengendalian Internal Pengiriman Dana Antar Bank Pada PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Jakarta Abdul Muis
Fungsi bank terbagi menjadi tiga yaitu sebagai penghimpun dana, penyaluran dana pembiayaan dan pelayanan nasabah. Salah satu pelayanan nasabah yang dilakukan perbankan adalah jasa pengiriman dana dalam melayani kebutuhan nasabah dalam bertransaksi kepada bank lain. Permasalahan yang saat ini di BRI Syariah kantor cabang Abdul Muis yaitu pada proses pengiriman dana terdapat kesalahan input nomor rekening, nama rekening tujuan sehingga terjadi pengembalian dari bank penerima. Hal ini dapat menurunkan kepercayaan nasabah dalam memilih jasa bank BRI Syariah. Metode yang akan digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini melalui proses penelitian terhadap pelaksanaan sebuah kegiatan pengiriman dana antar bank untuk menjamin agar semua pekerjaan yang dilakukan berjalan sesuai mekanisme yang telah ditetapkan. Penelitian ini memiliki tiga aspek penelitian yang lebih dominan dan revelan dengan permasalahan yang terjadi yaitu aspek pemisahan fungsi , otorisasi yang tepat atas transaksi/kewenangan transaksi, dan dokumen & pencatatan transaksi. Sumber data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan telaah dokumen. Key informant dalam proses penelitian ini adalah Teller, Back Office, Branch Operation Supervisor dan Manajer Operasi kantor cabang BRI Syariah Jakarta abdul muis. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1. Aspek pemisahan fungsi di bagi menjadi empat bagian yaitu Teller, Back Office, Branch Operation Supervisor dan Manajer Opersi. vii Dapat disimpulkan masih terdapat salah seorang petugas teller yang kurang memahami aturan mengenai pengiriman dana. 2. Aspek prosedur otorisasi yang tepat/kewenangan transaksi dilakukan oleh Branch Operation Supervisor dan Manajer Operasi disesuaikan berdasarkan nominal limit transaksi yang telah ditetapkan. 3. Aspek prosedur dokumentasi dapat disimpulkan bahwa prosedur dokumentasi sudah sesuai dengan ketentuan. Namun masih terdapat permasalahan mengenai pengisian slip pengiriman dana yang tidak lengkap, kesalahan penulisan nomor rekening, nama, serta kode bank penerima dan jaringan sistem yang terkadang off line sehingga pengiriman dana menjadi tertunda bahkan di batalkan atau di retur. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan beberapa hal yaitu: 1. Saran berdasarkan aspek pemisahan fungsi yaitu a. Teller perlu meningkatkan ketelitiannya melalui pelatihan tdan role play yang dapat menunjang peningkatan kinerja. b. Back Office perlu lebih meningkatkan ketelitiannya dalam menginput transaksi kiriman uang ke dalam sistem, dengan cara mencocokan antara surat nasabah dengan slip pengiriman uang di akan input oleh back office. 2. Saran berdasarkan aspek prosedur otorisasi yang tepat/kewenangan transaksi a. Teller dan Back Office perlu memaksimalkan kewenangan menolak transaksi yang tidak lengkap jika memang nasabah maupun pihak internal bank tidak dapat melengkapi dokumen pendukung dalam proses pengiriman dana antar bank. viii b. Branch Operation Supervisor dan Manajer Operasi disarankan untuk memverifikasi kembali data nasabah yang melakukan transaksi pengiriman dana antar bank agar kesalahan input dapat dihindari. Serta jika kesesuaian transaksi pengiriman uang tidak sesuai dan tidak lengkap, Branch Operation Supervisor berwenang untuk menolak transaksi. 3. Saran berdasarkan aspek prosedur dokumentasi dan pencatatan transaksi yaitu a. Teller sebaiknya selalu mengecek kelengkapan data pada slip pengiriman uang dan sebaiknya selalu mengkonfirmasi kembali tulisan nasabah pada slip pengiriman uang. b. Back Office sebaiknya mengecek kesesuaian isi antara slip pengiriman uang dengan isi pada dokumen pendukung sehingga tidak terjadi kesalahan dalam melakukan proses input. c. Branch Operation Supervisor sebaiknya memverifikasi kembali data nasabah dilihat dari kelengkapan bukti transaksi, kartu identitas nasabah, tanda tangan nasabah, nomor rekening penerima, nama rekening penerima dan nomor telepon nasabah. d. Manajer Operasi sebaiknya meningkatkan pengawasannya pada Pra approval yaitu dengan cara mengecek kembali kesesuaian antara slip pengiriman uang dengan hasil input sistem yang telah diproses oleh teller maupun back office. Pasca proses yaitu dengan cara memeriksa kembali setiap akhir hari seluruh transaksi yang telah dilakukan oleh teller dan back office.
Tidak tersedia versi lain